Health Life

Sering Merasa Capek Tanpa Sebab? Ini 5 Kemungkinannya

Pernah ga sih kamu sedang dalam kondisi tubuh yang fit dan tidak sakit namun tubuh kamu merasa sangat capek? Tenang, ini bukan pengaruh dari “ilmu hitam” yang ditujukan untuk kamu, karena mengalami tubuh yang capek diakibatkan oleh beberapa faktor.

Penting untuk diketahui, mengalami tubuh yang capek pada saat kondisi kamu sedang fit berbahaya lho karena 1 dari 25 orang dewasa yang mengemudi dilaporkan tertidur pada saat mengemudikan kendaraan mereka setiap bulannya. Berdasarkan data dari Medical News Today, sebanyak 72.000 kecelakaan terjadi setiap tahun dan dari total tersebut terbagi lagi yakni sebanyak 44.000 mengalami luka-luka akibat kecelakaan serta 6.000 kecelakaan yang berakibat fatal bagi pengemudinya.

Lalu, apa saja penyebab badan kamu merasa capek?

  1. Kurang tidur

man-yawning-in-cafe-PZQ7LEB.jpg

Kurangnya tidur jelas akan berpengaruh terhadap kondisi tubuh kamu keesokan hari, umumnya orang berusia 18-60 tahun memerlukan jam tidur sebanyak 7 jam atau lebih setiap harinya untuk kesehatan kamu. Selain berdampak terhadap tubuh kamu yang capek, kurang tidur juga dapat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan lainnya yakni obesitas, tekanan darah tinggi, depresi, gangguan hati, dan stroke.

2. Diet yang buruk

dieting-concept-with-scales-on-wooden-floor-P4TV2P5.jpg

Pola diet yang buruk juga memiliki kontribusi terhadap tubuh kamu menjadi capek, oleh karena itu untuk menghindari tubuh kamu capek sangat disarankan untuk memperhatikan pola diet kamu. Dimulai dari mempertimbangkan kombinasi makanan menjadi langkah yang tepat untuk diet kamu seperti terdapat buah-buahan, sayur-sayuran, gandum, protein dan susu.

3. Tidak berolahraga

couch-potato-PKWJN92.jpg

Jarang atau bahkan tidak berolahraga berpengaruh terhadap timbulnya capek pada tubuh kamu, terlebih lagi apabila capek sedang menyerang dan kamu lebih memilih duduk saja, solusi terbaik ketika kamu sedang mengalami serangan tersebut adalah dengan berolahraga sejenak untuk menghilangkan rasa capek dan mendapatkan energy kembali. Dengan melakukan olahraga rutin, paling tidak sebanyak 2 jam 30 menit selama seminggu, tidak hanya menghindari tubuh kamu merasa capek namun juga memperkuat otot-otot kamu.

4. Stres yang berlebihan

tired-and-upset-woman-working-as-architect-in-PZU7WRF.jpg

Stres bisa saja menimpa setiap orang, terlebih untuk yang tinggal dan beraktivitas di ibu kota, selain beban pekerjaan, tugas, masalah pribadi bahkan macetnya ibu kota juga berpengaruh terhadap stres yang mengakibatkan pada tubuh kamu yang capek. Kelola stres dengan cara yang tepat untuk diri kamu dan versi kamu merupakan pilihan yang tepat untuk menghindari stres yang berlebihan.

5. Kondisi medis

ill-senior-talking-with-medic-PVHKDYF.jpg

Apabila kamu tidak memiliki masalah dengan keempat gaya hidup diatas namun masih juga mengalami capek, maka ada kemungkinan hal ini dikarenakan kondisi medis. Umumnya kondisi medis yang menimpa seseorang sehingga mengalami capek pada tubuhnya diakibatkan oleh: Anemia, diabetes, kegelisahan, depresi, gangguan pada hati, dan sindrom kelelahan kronis. Konsultasi kepada dokter kamu untuk membicarakan masalah kecapekan ini.

 

By: Ricky Wirianto

Leave a Reply