Health Life Tasty

Ini Menu Makanan & Minuman yang Tepat di Konsumsi Ketika Terserang Flu

Dilanda flu memang hal yang menyebalkan, selain hidung tersumbat, badan jadi tidak fit, sakit ini juga merembet kepada nafsu makan yang menurun. Tak heran apabila terkena flu biasanya kita lebih memilih makanan-makanan yang lebih menggairahkan untuk dimakan karena selain istirahat yang cukup, kita juga memerlukan makanan untuk tetap menjaga tubuh agar tidak semakin sakit dan pastinya membantu lebih cepat sembuh.

Apabila kamu sedang mengalami flu ataupun ingin mengantisipasi ketika flu menyerang, berikut adalah makanan dan minuman yang tepat untuk kamu konsumsi. Selain mudah untuk di cerna, makanan dan minuman ini juga dapat membantu menjaga tubuh kamu ketika terkena flu.

  1. Sup mie dengan ayam

rice-noodle-soup-with-shredded-chicken-PPTLZFN.JPG

Makanan andalan untuk segala waktu dan kondisi satu ini terbilang makanan yang tepat untuk kamu konsumsi ketika terkena flu. Sup mie dengan ayam yang disajikan dengan sayuran dapat membantu proses penyembuhan flu lebih baik karena rasa kaldu ayam yang asin membantu tubuh kamu terhidrasi dan menggantikan sodium yang hilang serta terdapat pula vitamin & mineral pada sayuran. Ditambah lagi kandungan protein pada daging ayam memberikan kamu energi

2. Kacang-kacangan

variety-of-beans-products-on-the-sack-PNUDKRN.jpg

Kacang-kacangan dapat menjadi alternatif lain untuk kamu yang ingin menikmati protein apabila kamu sedang tidak ingin makan mie ataupun daging ayam. Kacang-kacangan juga mudah untuk dicerna ketika kamu sedang flu dan kamu dapat mencampurkannya dalam berbagai hidangan makanan kesukaan kamu.

3. Teh hijau

pouring-green-tea-vertical-closeup-PKH3ERN.jpg

Ketika terkena flu, kamu perlu tetap menghidrasi tubuh kamu, teh hangat dapat menjadi pilihan yang tepat karena selain menghidrasi teh hangat dapat membantu pernafasan kamu yang tersumbat. Dibandingkan dengan teh hitam, teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi sehingga tepat untuk diminum ketika kamu flu. Tambahkan pula madu untuk melegakan tenggorokan apabila kamu flu disertai batuk.

4. Minuman mengandung elektrolit

woman-athlete-drinking-water-on-training-in-gym-PBVELW8.JPG

Selain dari teh, minuman yang mengandung elektrolit juga baik untuk menghidrasi tubuh kamu. Tentu saja minum air putih sudah baik, namun dengan menambahkan minuman yang mengandung elektrolit ketika kamu terkena flu dapat membantu untuk mengembalikan sodium dan potassium yang hilang. Salah satu minuman yang mengandung elektrolit yang dapat kamu minum adalah air kelapa.

5. Jus jeruk

fresh-orange-juice-P44YMDY.jpg

Mengkonsumsi minuman satu ini tidak hanya memenuhi kebutuhan kamu akan vitamin C saja namun juga membantu penyembuhan kamu ketika terkena flu. Dilansir dari Kompas.com, mengkonsumsi vitamin C sebanyak 8 gram per hari dapat mempersingkat penyembuhan flu sebanyak 19%. Untuk itu, jus jeruk tepat untuk kamu konsumsi. Namun konsumsi vitamin C diatas 2 gram setiap hari dalam jumlah yang banyak tidak disarankan karena dapat berdampak negatif bagi tubuh seperti diare, kram perut, dan mual. Untuk jus jeruk sendiri, Jessica Crandall seorang pakar nutrisi dari Denver merekomendasikan 4 ons jeruk yang ditambahkan 16 – 20 ons air.

By: Ricky Wirianto

Leave a Reply