Life

Manajemen Waktu Untuk Kamu yang Mulai Masuk Kuliah

  1. Cermat Mengatur Waktu Belajar

Saat SMA dulu mungkin kamu masih memiliki banyak waktu untuk belajar atau mengerjakan tugas. Tapi ini tidak berlaku lagi saat kamu masuk ke jenjang universitas. Percayalah kesibukan di luar kampus seperti klub/komunitas, tugas, presentasi dan lain sebagainya akan membuat waktumu terasa sangat sedikit.

Untuk itulah kamu harus mampu mengatur waktu belajar dengan cermat. Setiap kali ada waktu luang yang tidak kamu prediksi, menyisihlah dari keramaian dan gunakan untuk belajar. Ingat, waktu tidak akan bisa diulang lho.

  1. Atur Jadwal Dengan Benar

Salah satu keuntungan menempuh pendidikan di universitas adalah jadwal kuliah yang tidak selalu sama. Jika di masa SMA kamu harus berangkat dan pulang sekolah di waktu yang sama setiap harinya. Maka saat kuliah ini benar-benar berbeda. Senin ini mungkin kamu ada kelas jam 8 pagi, tapi keesokan harinya kamu bisa saja harus menghadiri kelas jam 1 siang. Perbedaan jam ini harus kamu sesuaikan dengan jadwal sehari-harimu. Jadi usahaka sebisa mungkin kamu selalu bangun pagi di jam yang sama agar jadwalmu tetap teratur. Pengaturan jadwal ini terlihat sepele tapi percayalah, ini bisa menjauhkanmu dari jadwal kehidupan kampus yang berantakan.

  1. Strategi Dalam Menghadapi Ujian

Kamu harus tahu bahwa ujian di SMA dan universitas tidaklah sama. Materi kuliah yang cenderung dipecah-pecah dan rumit mengaharuskan kamu untuk menyesuaikan cara belajar dan cara menghadapi ujian. Perbedaan dosen, cara mengajar dan juga sistem pembelajaran di kelas akan membuatmu sadar bahwa kamu harus memiliki 1000 strategi dalam menghadapi setiap materi yang diujikan. Jangan sekali-kali mecoba mengaplikasikan SKS atau sistem kebut semalam saat ujian di universitas ya.

Nah, diluar ketiga cara di atas, kamu juga harus menyesuaikan diri dalam hal mengatur aktivitas kampus secara keseluruhan. Tugas, hang out bersama teman, ujian, kuis dadakan, seminar dan lain sebagainya akan membuat waktumu terasa sempit. Untuk itu manfaatkan reminder manual, digital dan apapun itu untuk mengingatkan mu tentang jadwal atau kegiatan yang akan kamu lakukan ya..

 

Advertisements

Leave a Reply