Health

Sering Masuk Angin? Cegah Dengan Hal Ini

Meskipun banyak orang menyebur bahwa masuk angin adalah penyakit, tapi kenyataannya menurut ilmu kedokteran tidak ada penyakit bernama masuk angin. Jadi menurut IDI, masuk angin adalah kumpulan gejala-gejala penyakit ringan yang umum dirasakan. Contohnya kembung, mual, demam hingga pegal-pegal. Nah, apa kamu sering mengalaminya? Ternyata masuk angin bisa dicegah lho. Yuk simak ulasannya berikut ini:

  1. Jangan Memaksakan Diri

female-resting-on-sofa-PN5ESFX.jpg

Kamu harus tahu dan sadar bahwa tubuh yang terlalu lelah dan tekanan stress bisa menurunkan daya tahan tubuh. Hal inilah yang memicu seseorang rentan terkena penyakit. Aktivitas yang padat tanpa adanya perawatan yang cukup membuat tubuh mudah diserang penyakit. Untuk itulah kamu harus mulai mengatur kepadatan aktivitas dan tidak memaksakan diri dalam melakukan berbagai hal.

  1. Konsumsi Minuman Jahe

ginger-tea-and-ginger-slices-PYXFLQD.jpg

Salah satu cara terbaik untuk mencegah masuk angin adalah dengan mengkonsumsi minuman jahe. Jahe memiliki manfaat untuk menghangatkan perut saat dikonsumsi. Hal ini karena jahe mengandung senyawa yang mampu menimbulkan efek positif bagi lambung dan usus kamu. Jadi jangan malas minum minuman tradisional yang berkhasiat ini ya..

  1. Campuran Susu dan Madu

honey-and-milk-PEZ6ND6.jpg

 

Nah, cara selanjutnya yang bisa kamu coba untuk mencegah dan mengatasi masuk angin adalah dengan mengkonsumsi campuran madu dan susu. Menurut beberapa penelitian, madu mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Selain itu madu juga memiliki kandungan karbohidrat, vitamin dan mineral. Susu mengandung karbohidrat, protein, lemak dan nutrisi lain yang bermanfaat bagi tubuh lho. Jadi campuran keduanya akan sangat baik untuk menjaga kesehatan kamu secara umum.

  1. Air Lemon dan Daun Mint

lemonade-with-lemon-mint-and-ice-PR7PU2L.jpg

Beberapa waktu belakangan ini air lemon sangat populer karena dipercaya bisa memberikan manfaat besar bagi tubuh dan kesehatan manusia. Sedangkan untuk daun mint, menurut berbagai penelitian ternyata mampu memberikan manfaat yang baik untuk tubuh seperti menenangkan pikiran, mempercepat sirkulasi, meringankan mual, kram dan juga kembung. Kombinasi keduanya akan membuat kandungan vitamin C di dalamnya melimpah dan masuk angin akan menjauh dari hidup kamu.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu ya..

Leave a Reply