Health Tasty

Tips Makan Makanan Pedas Agar Tetap Nikmat Tanpa Sakit Perut

Hampir semua makanan pedas itu lezat, tapi satu jenis makanan pedas yang tidak bisa lepas dari orang Indonesia yaitu SAMBAL. Hampir setiap daerah atau wilayah di Indonesia memiliki sambal khas masing-masing. Tidak hanya itu, Indonesia juga memiliki banyak makanan pedas yang sangat menggugah selera. Tapi sayangnya, saat makan makanan pedas, beberapa dari kamu sering mengalami sakit perut bukan? Nah, yuk buat makanan pedas tetap lezat di mulut dan perut dengan tips berikut ini:

  1. Perlahan

Baiklah, tips pertama agar makanan pedas tetap lezat di mulut dan di perut adalah dengan mengatur tingkat kepedasan. Meskipun kamu penyuka makanan pedas, kamu harus tetap ingat untuk mengatur tingkat kepedasan. Tambahkan tingkat kepedasan agar tubuhmu bisa beradaptasi. Dengan begini, tidak hanya mulut yang merasakan kenikmatan tapi juga perut kamu terbebas dari rasa sakit lho.

  1. Penangkal Pedas

Sensasi makan makanan pedas memang tidak ada duanya. Meskipun rasanya membuat mulut dan lidah panas seperti terbakar namun jarang orang bisa berhenti sebelum puas. Nah, daripada kamu keterusan makan kepedasan dan merasa tidak nyaman, akan lebih baik jika kamu memiliki penangkal pedas. Air hangat, irisan buah dan susu bisa menjadi penangkal pedas lho.

  1. Jangan Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong

Salah satu alasan yang bisa membuat kamu sakit perut saat makan makanan pedas adalah kondisi perutmu. Usahakan untuk tidak makan makanan pedas saat perut kamu kosong ya. Hal ini karena makanan pedas bisa memicu naiknya asam lambung dengan drastis sehingga bisa berakibat pada terganggunya sistem pencernaan. Jika kamu tetap nekat, maka diare bisa saja menghampirimu lho.

  1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Faktanya air putih menjadi salah satu andalan saat kamu merasa kepedasan. Tapi di luar bisa mengobati kepedasan, konsumsi air putih dengan cukup bisa membantu mencegah sakit perut lho. Jadi menurut penelitian, senyawa rasa pedas pada cabai atau biasa disebut capcaisin bisa diencerkan dengan minum banya air putih. Dengan begini maka kamu bisa sedikit mengurangi resiko sakit perut meskipun kamu sedang makan makanan pedas.

Advertisements

Leave a Reply