Health

Kebiasaan Ini Bisa Membuatmu Mudah Sakit Lho

Tahukah kamu, tubuh memiliki antibody atau sistem imun yang membuat kamu terhindar dari sakit. Tapi jika kamu sebagai pemilik tubuh saja tidak peduli, lalu kenapa kamu harus menyalahkan pihak lain? Faktanya, selain tertular penyakit dari orang lain, kebiasaan yang kamu lakukan sehari-hari bisa menjadi pemicu sakit menghampirimu lho. Tidak percaya? Simak ulasannya berikut ini:

  1. Mencuci Tangan Dengan Asal

Mencuci tangan adalah salah satu bentuk pencegahan agar tubuh tidak sering sakit. Namun , kamu harus melakukannya dengan baik dan benar ya. Selain mencuci tangan menggunakan air, kamu juga bisa memanfaatkan hand soap untuk membantu membersihkan tangan. Kamu harus ingat bahwa tangan dan mulut menjadi salah satu pintu masuk utama ke dalam tubuh.

  1. Jarang Mengganti Sprei

Berapa lama kamu mengganti sprei di kamarmu? Sebulan sekali, seminggu sekali atau malah setahun sekali? Idealnya, pergantian sprei seharusnya dilakukan setiap dua minggu atau satu minggu sekali. Dengan mengganti sprei secara rutin maka anda mencegah kuman penakit, tungau dan penyebab sakit lainnya menempel ke tubuhmu saat tidur.

  1. Memakai Sepatu di Dalam Rumah

Apa kamu tahu kebiasaan memakai sepatu di dalam rumah juga bisa membuatmu rentan sakit lho. Logikanya, kamu baru beraktivitas di luar selama beberapa waktu. Ini berarti ada banyak kemungkinan bakteri, virus dan kuman menempel pada sepatu kamu. Nah, jika kamu masuk ke rumah menggunakan sepatu tadi maka sudah pasti benda-benda tadi akan ikut terbawa masuk dan menempel di lantai atau karpet rumahmu.

  1. Tidak Membersihkan Laci dan Rak

Kedua benda ini cukup penting, namun seringkali disepelekan. Berbeda dengan lantai atau jendela yang dibersihkan dengan rutin. Rak dan laci menjadi tempat ke sekian yang selalu dilupakan. Ini bisa terjadi karena banyak orang beranggapan bahwa rak dan laci hanya perlu dibersihkan sewaktu-waktu.  Nah, jika kamu ingin ikut membantu dan sudah kuat bekerja maka silakan.

Intinya, kamu bisa membersihkan rak dan laci menggunakan lap basah yang sudah dicampur dengan cairan desinfektan.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu semua..

Leave a Reply

%d bloggers like this: