Travel

Candi – Candi Paling Indah Di Tanah Air

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan budaya dan adat istiadat. Walau memiliki beragam suku dan perbedaan agama namun masyarakat Indonesia mampu hidup rukun berdampingan diantara perbedaan tersebut. Dari perbedaan ini juga memberikan nuansa berbeda untuk pariwisatanya. Indonesia memiliki beragam destinasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi salah satunya ialah candi. Candi merupakan bangunan peninggalan bersejarah dari peradaban Hindu Budha yang digunakan sebagai tempat beribadah pada saat itu.

Indonesia sendiri punya banyak sekali candi bahkan sempat menjadi salah satu keajaiban dunia. Penasaran bukan dengan candi – candi cantik mana saja yang bisa kamu temukan di tanah air?

Megahnya Candi Borobudur

Borobudur Temple in Java

Kota Magelang, Jawa Tengah memiliki pesona tersendiri terkait candi sebab disinilah candi terbesar di dunia berada yakni Borobudur. Borobudur dibangun pada zaman pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur sendiri dibangun dari batuan vulkanik tanpa adanya perekat. Nama Borobudur sendiri masih misterius hingga kini. Ada sekitar 2672 relief yang mengisahkan kehidupan Budha di dinding candinya.

Candi Penataran Dengan Kolam Ikan Jernihnya

Jika di Jawa Tengah ada candi Borobudur maka di Jawa Timur ada candi penataran. Candi penataran merupakan peninggalan kerajaan Kadiri pada 1200 masehi yang juga termasuk candi terluas yang ada di Jawa Timur. Letak candi ini berasa di kecamatan Nglegok kabupaten Blitar yang juga terkenal dengan kolam ikannya. Kolam ini tak pernah kering walaupun musim kemarau panjang melanda. Warga mengenal ikan dalam kolam candi dengan sebutan lele keramat.

Piknik di Candi Penataran

Pulau Jawa memang dikenal memiliki candi yang indah salah satunya ialah candi Prambanan. Candi ini berada di kota Sleman, daerah istimewa Yogyakarta. Saat memasuki pelatarannya saja kamu sudah disambut dnegan pelataran hijau dengan pepohonan menjulang. Bikin hati adem deh jika piknik dipelatarannya sambil memandang candi Prambanan yang berdiri megah.

Candi ini awalnya bernama Siwagrha dengan relief yang menceritakan kisah Ramayana. Candi Prambanan jika diamati seksama akan menyerupai mahkota dan merupakan tempat pemujaan dewa Siwa terbesar di Indonesia.  Tertarik mengunjungi candi – candi diatas?

Advertisements

Leave a Reply