Health

Tanda Tubuh Mengalami Dehidrasi

Dehidrasi seringkali diremehkan oleh banyak orang. Faktanya dehidrasi ringan bisa memicu terjadinya dehidrasi akut lho. Untuk itulah kamu harus rajin mengkonsumsi air putih secara rutin setiap harinya. Perlu kamu tahu bahwa sebenarnya setiap orang memiliki kebutuhan asupan air yang berbeda tergantung dengan aktivitas yang dilakukan setiap hari. Meskipun mungkin mayoritas dari kamu mendengar bahwa setiap orang setidaknya harus minum 8 gelas air setiap harinya. Nah, yuk kita simak beberapa tanda bahwa tubuh kamu mengalami dehidrasi berikut ini:

  1. Kulit Kering dan Tidak Elastis

Salah satu tanda utama yang bisa kamu perhatikan untuk melihat apakah kamu mengalami dehidrasi atau tidak adalah kulit. Jika kulit kamu terasa kering dan kurang elastic, maka sudah bisa dipastikan kamu mengalam dehidrasi. Faktanya, dehidrasi ini bisa mempengaruhi penampilan kulit karena kulit termasuk salah satu bagian tubuh yang membutuhkan banyak air.

  1. Mudah Lelah

Tanda kedua yang bisa menjadi sinyal bahwa kamu mengalami dehidrasi adalah mudah lelah. Jika kamu tidak melakukan banyak aktivitas dan merasa mudah lelah, maka ini bisa dibilang sebagai tanda bahwa kamu mengalami dehidrasi. Cairan dalam tubuh yang kurang bisa membuatmu merasa lebih cepat lelah meskipun aktivitas yang kamu lakukan ringan.

  1. Sulit Konsentrasi

Beberapa orang mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi saat melakukan sesuatu. Padahal mungkin kamu sudah mencoba berpindah di tempat yang sepia tau tenang. Jika ini terjadi maka kamu mengalami dehidrasi. Hal ini karena kadar air dalam tubuh yang minim bisa membuat cairan dalam otak berkurang juga. Sehingga akhirnya bisa mempengaruhi emosi dan konsentrasi seseorang.

  1. Sakit Kepala dan Bau Mulut

Dua hal ini bisa menjadi tanda bahwa kamu sedang mengalami dehidrasi. Misalkan saja untuk sakit kepala, cairan dalam tubuh dan otak yang berkurang bisa memicu terjadinya perubahan zat kimia dalam darah sehingga membuatmu merasa pusing.

Advertisements

Leave a Reply