Parents

Bagaimana Memberitahu Anak Tentang Perceraianmu?

Setiap hubungan tak semua selalu berjalan mulus dan abadi hingga maut memisahkan. Beberapa hubungan pernikahan tak jarang putus ditengah jalan dan menemui kata cerai. Jika dalam keluarga tersebut hanya ada pasangan suami istri maka waktu akan menyembuhkan luka keduanya. Sayangnya jika dalam keluarga tersebut memiliki anak maka buah hatipun juga bisa tersakiti. Jika perceraian tak bisa lagi kamu hindari maka ada waktunya kamu menjelaskan pada buah hatimu.

Kapan Sebaiknya Anak Tahu Kalian Bercerai?

Merahasiakan perceraian kalian kepada sikecil bukanlah ide yang bagus untuk dilakukan. Terlebih jika anak kamu mengetahui perceraian kalian dari orang lain maka ia akan merasa dibohongi. Jika anak mengetahuinya mendadak maka ia akan merasa tidak penting dalam keluarga tersebut. Jika anak kamu masih balita maka ada baiknya memberitahukan perceraian kalian 1-2 hari sebelum bercerai. Bagi anak yang sudah menginjak usia remaja kamu wajib memberitahukan mereka 2 minggu sebelumnya. pada usia ini mereka tak serta merta menerima keputusan kalian. Ada baiknya untuk memberikan waktu kepada mereka untuk menenangkan diri.

Bagaimana Menjelaskan Perceraian Kepada Buah Hati?

Jika kamu sudah menentukan waktu yang tepat kini saatnya untuk menentukan bagaimana menjelaskannya pada buah hati. Jelaskan perceraian kalian berdua bersama – sama tanpa harus menjelekkan satu sama lainnya. Penjelasan harus mudah dimengerti dan terangkan imbas dari perceraian ini seperti dimana nantinya sang anak akan tinggal. Yakinkan buah hati bahwa walau orang tuanya berpisah namun kasih sayang yang ia dapatkan takkan berubah.

Siapkan Diri Untuk Menjawab Pertanyaan Anak Kamu

Tentu saja sang anak akan bertanya – tanya kenapa orang tuanya harus berpisah. Apakah mereka bertengkar? Apakah mereka tak saling mencintai dan masih banyak lagi lainnya. Jangan halangi anak bertanya dan bebaskan ia mengajukan pertanyaan. Ingat untuk tidak memperlihatkan pertengkaran kalian dihadapan anak – anak sebab tidak bagus untuk psikologinya.

Ada baiknya sebelum memutuskan untuk bercerai kalian pikir – pikir lagi keputusan kalian tersebut. Setiap keluarga pasti memiliki masalahnya sendiri – sendiri. Lebih terbuka dan ajak diskusi pasanganmu agar tidak berujung pada perceraian.          

Leave a Reply

%d bloggers like this: