Health Life

Ketindihan Ulah Setan Atau………?

Kamu pernah merasakan ketindihan? Kalau zaman dulu ketindihan biasa disangkut pautkan dengan  makhluk halus. S . Jadi ketindihan ini murni bukan ulah para makhluk halus lo ya.

Penyebab Ketindihan

Penyebab ketindihan ini beragam lo guys mulai dari kurang olahraga, stress dan pola makan kamu yang buruk. Ada pula penyebabnya dikarenakan salah posisi tidur seperti tidur terlentang yang terlalu lama. Efek obat – obatan juga bisa jadi penyebab ketindihanmu seperto penggunaan narkotika atau ADHD. Para penderita gangguan bipolar atau seseorang yang memiliki kecemasan berlebihan juga sering mengalami ketindihan. Kalau kamu begadang dan tidur kurang dari 7 jam juga akan mungkin terkena ketindihan.

Jenis Ketindihan

Ternyata dalam dunia kesehatan sleep paralysis dibagi menjadi dua jenis yakni Hypnagogic sleep paralysis dan Hypnopompic sleep paralysis. Hypnopompic sleep paralysis merupakan kelumpuhan otot yang menyebabkan penderitanya ketika terbangun terasa seperti masa tidurnya belum berakhir. Hal ini dikarenakan otak belum siap untuk saling berkoordinasi dengan gerakan otot.

Hypnagogic sleep paralysis mengakibatkan kesulitan berbicara dan bergerak saat beranjak bangun tidur. Hal ini mengakibatkan kelumpuhan sementara yang terhitung dalam detik atau menit. Ketindihan sendiri biasa terjadi kepada remaja berumur 14 -17 tahun.. Jika kamu sering mengalaminya ada baiknya berkonsultasi dengan dokter.

Cara Mengatasi Ketindihan

Untuk mengatasi ketindihan ini sebenarnya sangatlah mudah cukup melakukan yang bertentangan dengan penyebab dari ketindihan ini. kamu patut menjaga pola tidur kamu dan jangan suka mengubah – ubah jadwal tidur.  Ketika kamu bangun tidur hindari kepanikan dan atur pernapasan kamu kemudian rilekskan tubuh. Buat kepalan tangan atau kernyitkan wajah kamu untuk membantu otot agar tidak tegang.

Jika tak berhasil lanjutkan untuk berupaya batuk – batuk sedikit dan perlahan – lahan gerakan jari – jari kaki.  Bayangkan sesuatu yang indah seperti kenangan bersama orang tersayang agar kamu lebih santai lagi. Jangan lupa untuk rutin berolahraga agar tubuh anda kembali bugar dan terhindar dari sleep paralysis ini ya.

 

 

Advertisements

Leave a Reply