Health Life

Kamu Tahu Dampak Buruk Main Smartphone Sambil Tiduran?

Siapa dari kalian yang suka main smartphone di tempat tidur, khususnya sambil tiduran? Jika kamu termasuk salah satunya, maka sebaiknya mulai sekarang kurangi kebiasaan buruk ini. Asal kamu tahu, kegiatan yang terlihat sepele ini memiliki dampak negatif yang cukup mengganggu kesehatan kamu lho. Simak ulasannya berikut ini ya..

  1. Membuat Tidur Tidak Nyenyak

Saat tidur, tubuh membutuhkan waktu rileks tanpa gangguan dari apapun. Faktanya, jika kamu bermain hape sambil tiduran maka cahaya dan radiasi pada smartphone bisa mengganggu tubuh dalam memproduksi melatonin lho. Sebagai informasi saja, melatonin adalah hormon yang memiliki fungsi untuk mengatur ritme tidur manusia. Cahaya yang dihasilkan dari layar smartphone ini akan dianggap tubuh sebagai tanda bahwa hari masih cerah dan belum waktunya tidur. Waktu tidurmu jelas terganggu dan menjadi tidak nyenyak.

  1. Sulit Konsentrasi

Keberadaan smartphone memang cukup membantu aktivitas manusia karena ada banyak fitur dan aplikasi yang membuat pekerjaan atau tugas lebih mudah. Tapi apa kamu sadar bahwa penggunaan smartphone yang berlebihan bisa menurunkan kapasitas memori otak lho. Wah, kamu tidak mau kan jadi sulit fokus dan mudah terganggu oleh suasana sekitar saat berpikir? Yuk mulai kurangi bermain smartphone saat akan tidur ya..

  1. Potensi Gangguan Mata

Sama halnya dengan televisi dan komputer, smartphone memiliki efek yang sama bagi mata kamu. Terlalu banyak berinteraksi dengan smartphone bisa memicu gangguan penglihatan lho. Apalagi jika kamu terbiasa bermain smartphone di tempat gelap seperti kamar tidur, maka gangguan penglihatan seperti rabun jauh hingga katarak bisa menghampirimu.

  1. Bisa Memicu Obesitas

Main smartphone bisa memicu obesitas? Bagaimana mungkin? Baiklah, sebelumnya kamu harus tahu dan sadar bahwa paparan cahaya dan radiasi pada smartphone bisa mengganggu hormon dalam tubuh yang mengatur dan mengontrol rasa lapar. Jadi saat keseringan main smartphone maka kamu akan merasa sering lapar meski kondisi yang sebenarnya perut sudah kenyang lho.

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: