Health

Kebiasaan Ini Bisa Membuat Lambungmu Sakit Lho

Lambung cukup sensitif dengan beberapa hal dan kamu harus memahami ini sebagai bentu tanggung jawab si pemilik tubuh. Kamu tentu pernah mendengar tentang bahwa saat perut kosong sebaiknya kamu tidak makan ini atau itu. Tapi faktanya, ada juga beberapa kebiasaan yang tanpa sadar bisa mengganggu kondisi lambung khususnya saat perut sedang kosong. Simak ulasannya berikut ini ya..

  1. Minum Jus Jeruk

Jus jeruk di pagi hari akan membuat tubuh merasa lebih segar. Tapi faktanya, minum jus jeruk saat perut kosong di pagi hari bisa menyebabkan iritasi lho. Dan ini sangat berkaitan dengan kamu yang memiliki risayat gastritis. Kamu harus tahu bahwa kandungan asam pada jeruk bisa menimbulkan luka di lapisan perut yang tidak kamu sadari.

  1. Olahraga Terlalu Keras

Baiklah, mungkin kamu yang melakukan olahraga terlalu keras saat perut kosong karena tuntutan pekerjaan atau keinginan menurunkan berat badan. Tapi apapun alasannya, sebaiknya kamu menghindari olahraga terlalu keras saat perut kosong. Bukan sehat yang kamu dapat, tapi kamu bisa lemas karena energi yang habis. Jika memang kamu ingin tetap berolahraga saat perut kosong, mungkin olahraga sederhana bisa menjadi pilihan.

  1. Tidur Saat Perut Kosong

Aktivitas seharian yang padat membuatmu ingin cepat sampai di rumah dan meringkuk di kasur bersama bantal dan guling kesayangan. Namun, ingatlah untuk tidak langsung tidur dengan perut kosong ya. Akan lebih baik jika kamu mengisi perut dulu dengan makanan ringan atau buah-buahan untuk menjaga energi tetap tersedia dalam tubuh saat akan bangun tidur. Kebiasaan untuk tidur saat perut kosong bisa membuatmu bangun dalam kondisi lemas lho.

Nah, selain ketiga aktivitas di atas, faktanya ada beberapa kebiasaan lain yang sebenarnya bisa membuat lambungmu sakit seperti mengkonsumsi makanan manis dengan pemanis buatan dan juga  minum kopi. Wah, ternyata cukup banyak kebiasaan yang bisa menyakiti lambungmu ya. Yuk mulai sekarang kurangi kebiasaan ini dan jaga kesehatan tubuh serta lambungmu..

Leave a Reply