Life Travel

Ssst! Begini Harusnya Kamu Membersihkan Lensa Kamera Kamu

Lensa pada kamera layaknya mata pada manusia sebab dari sinilah gambar yang jernih, jelas dan anti blur dihasilkan. Tanpa lensa kamera kamu tak akan mampu mengambil gambar yang kamu inginkan. Tak heran jika harga lensa kamera amatlah mahal dan memiliki beragam jenisnya.  Untuk itu penting bagi kamu untuk merawat lensa ini secara rutin. Bagi kamu yang masih pemula dalam menggunakan kamera dan kurang berpengalaman untuk membersihkan perawatan kamera khususnya pada lensa bisa ikuti langkah – langkah berikut ini.

Pakai Kuas Sebagai Alat Bantu

Untuk membersihkan debu halus kamu bisa memakai kuas yang terdapat sikat disisi lainnya. pastikan bulu pada kuas tersebut halus dan lembut agar tidak menggores lensa.

Kalau Ngelap Pakai Kain Microfiber

Untuk membersihkan lensa kamera kamu jangan asal pilih kain ya, pastikan kamu menggunakan kain microfiber. Kain ini memiliki tekstur yang lembut dan halus sehingga tidak akan membuat goresan pada permukaan kamera. Kain microfiber juga sering dipakai untuk mengelap kacamata lo jadi kamu juga bisa memakai pembersih lensa untu mengelap kacamata kamu di rumah.

Gunakan Blower Ketimbang Mulut

Untuk mengeluarkan debu didalam kamera biasanya kita suka meniupkan udara didalamnya. Kebiasaan seperti ini sebenarnya tidak dianjurkan dan pakailah blower sebagai alat bantu tiupnya. Blower ini sudah banyak dijual dipasaran dengan harga yang terjangkau.

Untuk Menghilangkan Jamur Cukup Lakukan Cara Ini

Jika jamur pada lensa kamu hanya tipe ringan kamu cukup menggunakan kain microfiber dan cleaner kit saja. Jika sudah jamur kelas berat seperti bintik – bintik hitam yang membandel maka terpaksa kamu wajib bongkar pasang lensa dan membersihkanya dengan alat khusus. Alangkah baiknya jika kamu servis saja ke toko agar terhindar kerusakan yang lebih parah.

Pastikan Cara Menyimpan Kamera Kamu Sudah Benar

Untuk menjaga kamera dan lensanya awet digunakan dalam jangka waktu panjang maka ada baiknya untuk menyimpannya dengan benar. Pastikan tempat untuk menyimpan kamera dan lensanya memiliki kelembapan sekitar 40 – 50% RH. Kamu bisa membeli dry box khusus untuk menyimpan kamera kamu di rumah atau memakai silica gel.

 

 

Leave a Reply