Health

Yuk Cegah Nyeri Saat Datang Bulan

Apakah kamu pernah mengalami nyeri perut saat datang bulan?Jika iya, maka apa yang kamu lakukan untuk mengurangi rasa nyeri yang menyerang? Beberapa orang merasa lebih baik untuk mencegah datangnyanyeri haid dibandingkan dengan mengatasi saat merasakan sakit. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah nyeri saat datang bulan:

  1. Menghindari Makanan Berlemak dan Junk Food

Untuk mencegah rasa nyeri saat datang bulan adalah dengan menjaga pola makan. Cobalah untuk menghindari makanan berlemak dan junk food. Kedua makanan ini identik memiliki kandungan garam berlebih. Makanan yang kadar garamnya mencapai 3-4 kali makanan biasa bisa membuat kamu rentan mengalami kram lho. Jadi hindari makanan-makanan ini selama datang bulan.

  1. Kurang Asupan Nutrisi

Kesibukan yang padat seringkali membuat kamu tidak teratur makan. Jika kamu ingin terbebas dari rasa nyeri saat datang bulan, maka sebaiknya atur pola makan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi secara rutin. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur juga bisa membuat tubuh lebih segar dan prima lho.

  1. Mengurangi Kopi dan Gula

Kedua hal ini memang sulit untuk dipisahkan dari keseharian kamu. Memulai hari dengan secangkir kopi bisa membuat harimu lebih baik. Tapi sebaiknya kamu mengurangi konsumsi kopi saat sedang datang bulan. Ini karena kandungan kafein pada kopi bisa membuat lapisan perut menjadi masam dan usus semakin sensitif.

Selain kopi, saat menstruasi sebaiknya kamu juga mengurangi asupan gula. Hal ini karena gula bisa membuat nyeri perut menjadi lebih buruk. Daripada menambah asupan gula, akan lebih baik jika anda mengkonsumsi gula alami yang berasal dari buah.

  1. Stres

Saat haid sebaiknya kamu menghindari beban pikiran berlebih atau stress. Jangan terlalu berat dalam memikirkan sesuatu. Berusahalah untuk melupakan kecemasan dan cobalah untuk berpikir jernih. Ingat bahwa stress bisa mempengaruhi tubuh saat haid.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu semua ya..

Advertisements

Leave a Reply