Health Tasty

Tingkatkan Hemoglobin dengan 8 Makanan yang Mudah Ditemui Ini

Daftar makanan-makanan ini mudah untuk kamu temui apabila kamu mengalami gejala kurang hemoglobin

Kurangnya hemoglobin dalam tubuh kamu dapat ditandai dengan kamu merasa lelah, lemah, pucat pada gusi dan kulit, sesak nafas, detak jantung tidak beraturan, dan kuning pada mata atau kulit. Fungsi utama dari hemoglobin adalah membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh dan mengembalikan karbondioksida dari jaringan tubuh ke paru-paru untuk dikeluarkan melalui pernapasan. Selain itu peranan penting lainnya dari hemoglobin adalah untuk menjaga bentuk sel darah merah, dampak yang dihasilkan apabila bentuk sel darah merah abnormal dapat menggangu dan menghalangi fungsinya untuk bekerja melalui pembuluh darah.

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan seseorang kekurangan hemoglobin yakni pendarahan, anemia, kanker, gastritis, sirosis, gagal ginjal kronis, dan leukemia. Untuk membantu kamu meningkatkan hemoglobin, berikut ini adalah 8 makanan yang dapat kamu konsumsi.

  1. Kismis

Manisan satu ini kaya akan kandungan zat besi, kamu dapat mengkonsumsinya dengan mencampurkan kismis pada yogurt, oatmeal, sereal ataupun langsung dimakan! Namun bagi penderita diabetes sebaiknya memperhatikan asupan kismis yang dikonsumsi karena dapat menaikkan kadar gula dalam tubuh yang cukup drastis.

2.  Hati

Hati ayam tidak hanya memiliki kandungan protein, mineral, dan vitamin yang melimpah namun zat besinya juga termasuk didalamnya. Lain kali apabila kamu makan di pecal ayam, ada baiknya menambahkan 1 atau 2 potong hati ayam untuk membantu meningkatkan hemoglobin kamu. Perlu diperhatikan pula untuk tidak mengkonsumsi hati terlalu banyak karena kadar kolesterolnya yang cukup tinggi pula.

3. Tiram

Bagi kamu pecinta seafood, tiram menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan hemoglobin karena memiliki kandungan zat besi yang kaya serta adapula vitamin B12.

4. Buah semangka

Kamu suka dengan buah satu ini? Beruntunglah kamu karena buah semangka merupakan buah yang ideal untuk menjaga hemoglobin kamu. Ditambah lagi buah semangka juga memiliki kandungan vitamin C serta dapat dinikmati untuk berbagai cara seperti salad, smoothie ataupun jus.

5. Biji labu kuning

Biji labu kuning bisa menjadi cemilan sehat untuk meningkatkan hemoglobin kamu karena kandungan zat besi yang terdapat didalamnya. Efek sampingnya? Susah berhenti untuk mengunyah biji satu ini!

6. Buah delima

Buah delima terkenal akan kandungan vitamin C-nya yang tinggi, selain itu buah-buah mungil satu ini juga memiliki kandungan zat besi. Meskipun tidak sebanyak vitamin C, tapi kamu dapat menikmatinya untuk meningkatkan hemoglobin kamu.

7. Bayam

Sayur satu ini memang sudah terkenal akan kandungan zat besinya yang kaya, dikreasikan dalam berbagai hidangan makanan, bayam dapat mencocokkan rasanya untuk lidah kamu.

8. Biji wijen

Si biji wijen, pelengkap berbagai makanan juga termasuk sebagai makanan yang baik untuk kamu konsumsi untuk meningkatkan hemoglobin. Biji wijen sendiri memiliki segudang manfaat untuk tubuh kamu mulai dari zat besinya, fosfor, zinc, dan vitamin E.

 

Advertisements

Leave a Reply