Health

Gejala Ini Bisa Jadi Peringatan Dini Penyakit Gula Darah Tinggi

Perluasan target penyakit gula darah saat ini memang cukup mengerikan. Jika dulu rata-rata penderita penyakit gula darah adalah orang tua, maka kini anak muda di awal usia 20-an juga ikut masuk daftar orang yang rentan terkena gula darah. Beberapa penyebabnya adalah perubahan gaya hidup yang tidak sehat hingga kurang olahraga dan tidak menjalani hidup dengan baik. Berikut ini ada beberapa tanda yang bisa menjadi peringatan dini untuk penyakit gula darah pada anak muda:

  1. Sering Haus dan Ingin Buang Air Kecil

Apa kamu tahu, saat tingkat gula darahmu meningkat maka ginjal akan memproduksi urin lebih banyak agar bisa mengeliminasi kelebihan glukosa yang tidak bisa diserap tubuh. Karena itulah salah satu tanda gula darah dalam tubuhmu tinggi adalah rasa haus berlebih, tubuh lemas dan sering buang air kecil.

  1. Nafsu Makan Meningkat

Nafsu makan meningkat juga bisa menjadi salah satu tanda gula darah tinggi lho. Gula darah yang tidak bisa masuk ke dalam sel tubuh akan membuat tubuhmu kekurangan insulin. Dampaknya jelas tubuh tidak bisa mengubah makanan menjaid energi sehingga nafsu makan akan terus meningkat karena rasa lapar.

  1. Berat Badan Naik

Selaras dengan nafsu makan meningkat, maka hasil akhirnya jelas berat badan ikut naik. Jika nafsu makan terus-menerus meningkat dan tidak bisa dikendalikan maka tubuh akan menimbun makanan dalam jangka panjang. Pada akhirnya berat badanmu akan naik secara drastis. Jadi hati-hati jika berat badanmu naik drastis ya..

  1. Penglihatan Berkurang

Selain berpengaruh terhadap penyerapan energi dari makanan oleh tubuh, faktanya gula darah yang tinggi juga bisa berpengaruh terhadap indera penglihatanmu lho. Jadi gula darah yang berlebih akan mengakibatkan pembengkakan pada bagian lensa mata dan ujung-ujungnya penglihatanmu menjadi buram.

Nah, selain keempat tanda di atas, kamu juga harus tahu bahwa gula darah yang tinggi juga bisa mempengaruhi kondisi kulitmu. Gula darah tinggi yang terjadi dalam jangka panjang bisa menyebabkan syaraf dan sel kulit rusak sehingga kulit menjadi kusam dan kering.

Advertisements

Leave a Reply