Travel

Spot – Spot Cozy Untuk Menikmati Aurora

Aurora merupakan fenomena alam yang menampilkan pancaran cahaya di langit. Pancaran cahaya ini terbentuk karena adanya interaksi antara medan magnetic pada lapisan ionosfer dengan partikel yang dikeluarkan oleh matahari. Sayang fenomena ini hanya bisa kamu saksikan dibeberapa tempat saja dan tidak termasuk Indonesia. Umumnya aurora terjadi pada bagian kutub bumi yakni kutub selatan dan utara.  Hal ini disebabkan karena wilayah kutub bumi memiliki medan magnet yang cukup besar.  Fenomena ini dimulai dengan langit yang mendadak gelap kemudian muncul cahaya benderang yang amat indah.

Pegunungan Alaska

Untuk menikmati aurora diwilayah Amerika Utara kamu bisa datang ke pegunungan Alaska yang berjarak 32 km dari Fairbanks. Aurora yang muncul ditempat ini merupakan aurora Borealis karena letaknya yang berada di kutub utara bumi. Tersedia pula banyak penginapan yang dibangun untuk pengunjung yang hendak menikmati aurora ini. transportasi untuk melihat aurora ini juga angat menunjang dan unik yakni dengan menaiki kereta salju yang digiring oleh sekumpulan anjing husky. Kamu bisa datang ke tempat ini saat bulan Maret, Agustus hingga pertengahan April.

Australia

Tak perlu jauh – jauh pergi hingga ke pegunungan Alaska untuk menikmati aurora sebab Australia juga memiliki aurora australis yang tak kalah cantiknya. Aurora di Australia biasa muncul di wilayah paling selatan Victoria. Aurora ini biasa menampakan diri pada tanggal 19-21 Maret dan 22-23 September tiap tahunnya. Untuk mendapatkan informasi terupdate terkait aurora australis kamu bisa mengunjungi www.noaa.gov atau www.spaceweatherlive.com. Jangan lupa untuk memastikan ramalan cuaca sebelum datang kesana yang bisa kamu ikuti melalui www.bom.gov.au.

Tromso

Untuk melihat aurora utara cobalah mampir ke kota Tromso yang ada di Norwegia. Bahkan di kota ini juga diadakan festival untuk menyambut aurora Borealis. Tromso sendiri terletak sekitar 571 km dari lingkaran artik yang menampilkan aurora borealis setiap pukul 18.00 dan pukul 01.00 dini hari. Kalau kamu gak pengen repot untuk menyiapkan liburan ke Tromso maka bisa ikut paket liburan Northern Lights Cruise yakni menyaksikan aurora dari atas kapal pesiar mulai bulan September hingga Maret.

Advertisements

Leave a Reply