Health Life

Tidur Lebih Awal Ada Manfaatnya Lho

Selain begadang, insomnia, dan bangun pagi nyatanya ada kebiasaan lain yang berhubungan dengan aktivitas tidur yaitu tidur lebih awal. Tidak memandang berapapun usia kamu faktanya ada orang yang memang tidak bisa begadang dan selalu tidur lebih awal. Di luar kebiasaan ini, apa kamu tahu bahwa tidur lebih awal memiliki cukup banyak manfaat? Yuk kita simak apa saja manfaat dari tidur lebih awal ini:

  1. Terhindar Dari Mimpi Buruk

Dari beberapa penelitian yang dilakukan terbukti bahwa orang tidur terlalu malam khususnya wanita, akan memiliki resiko bermimpi buruk lebih besar dibandingkan orang yang tidur lebih awal. Hal ini bisa terjadi karena tidur malam membuat ritme tubuh kamu tergaggu. Jadi jika kamu tidak ingin mimpi buruk, yuk mulai biasakan tidur lebih awal.

  1. Jarang Sakit
    Dengan tidur lebih awal maka kamu bisa memenuhi kebutuhan tidur harian. Hal ini membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Tidur yang cukup, menjaga pola makan dan orlahraga teratur bisa menjaga agar tubuh tetap fit dan kamu jauh dari yang namanya sakit.
  2. Bisa Mengatur Waktu Lebih Baik

Dengan tidur lebih awal maka kamu secara tidak langsung bisa bangun lebih awal di pagi harinya. Dengan begini maka kamu memiliki waktu yang cukup untuk melakukan berbagai rutinitas di pagi hari seperti mandi, membersihkan kamar atau rumah, membuat sarapan, sarapan hingga mungkin belajar sebelum ke sekolah. Dengan tidur lebih awal, manajemen waktu berjalan lebih mudah lho.

  1. Berat Badan Stabil

Tentu anda pernah mendengar mengenai fakta bahwa tidur larut malam atau begadang bisa menjadi salah satu jalan masuk obesitas. Dengan beraktivitas di malam hari maka otak akan menginginkan asupan makanan lebih banyak. Pada akhirnya, jika kamu tidak bisa mengontrol hal ini maka kamu akan mengalami kenaikan berat badan.

Selain keempat manfaat di atas ternyata tidur lebih awal juga bisa membuatmu lebih produktif, mengurangi stress, menguatkan daya ingat, terlihat lebih segar dan juga tidak mudah tersulut emosi.

Advertisements

Leave a Reply