Health Life

Gangguan Kesehatan yang Bisa Muncul Karena Penggunaan Medsos yang Berlebih

Saat ini bisa dibilang bahwa manusia tidak bisa lepas dari teknologi. Percaya atau tidak, kamu pasti sadar bahwa rutinitas harianmu tidak bisa lepas dari salah satu bentuk kemajuan teknologi yaitu smartphone. Sekarang, orang bahkan tidak bisa meninggalkan smartphonenya meski hanya sebentar. Ketersediaan berbagai macam hiburan, aplikasi dan fitur-fitur lain membuat orang lebih lengket dengan smartphone dibandingkan dengan orang yang ada di sekitarnya.

Salah satu fitur di smartphone yang membuat orang ketagihan adalah media sosial. Namun, sebelum kamu ikut ketagihan menggunakan medsos, yuk kita simak beberapa gangguan kesehatan yang bisa timbul karena penggunaan medsos yang berlebih:

  1. Mood Swings

Kemudahan mengakses media sosial tidak hanya membuktikan bahwa kamu itu up to date. Lebih dari itu feed  medsos mu bisa mempengaruhi mood kamu juga lho. Bahkan tanpa kamu sadari perubahan moodmu akan berlangsung dengan cepat sesuai dengan konten yang kamu lihat. Bayangkan jika dalam sehari kamu melihat postingan random mulai dari informasi penting, hoax, fitnah, entertainment dan lain sebagainya. Jelas mood swings tidak akan terhindarkan.

  1. Stress

Dalam media sosial kamu bisa menemukan berbagai informasi mulai dari fashion, politik hingga relationship. Bahkan di luar itu, sekarang medsos juga berisi informasi yang tidak penting. Namun, karena kamu sudah terbiasa mantengin feed medsos maka kebiasaan ini akan sulit hilang. Jika ini terus berlanjut, maka kamu bisa kena stress karena banyaknya informasi yang masuk ke kepalamu.

  1. Gangguan Kecemasan

Apa kamu sadar bahwa setiap kali kamu memosting sesuatu maka kamu akan berharap orang lain merespon dengan like, reply ataupun repost/retweet. Nah, harapan-harapan seperti ini bisa memicu timbulnya perasaan cemas saat kamu memosting sesuatu. Apalagi jika nanti postinganmu tidak mendapat feedback seperti yang kamu harapkan. Bisa-bisa kamu akan semakin cemas dan berpikir terlalu keras.

  1. Kurang PD dan Kesepian

Kamu harusnya tahu dan sadar bahwa dunia maya khususnya media sosial tidaklah seindah dunia nyata. Kamu tidak boleh terlalu terpaku terhadap apa yang kamu lihat di medsos. Karena jika ini terjadi, maka kamu bisa saja menjadi tidak realistis dan mengikuti segala hal yang muncul di feed medsos kamu kok. Kamu adalah kamu, tidak peduli bagaimana kehidupan di dunia maya dan nyata tapi kamu harus sadar bahwa yang terpenting adalah dunia nyatamu.

Advertisements

Leave a Reply