Life

Hati-Hati Selfie Bisa Bikin Kecanduan Lho

Hayo siapa dari kalian yang suka selfie? Mayoritas orang yang merasakan hidup di era modern yang diberkati dengan berbagai kecanggihan teknologi pasti memiliki keinginan untuk mengabadikan moment. Kemudahan untuk memotret menggunakan smartphone membuat siapapun bisa dengan mudah melakukan hal ini. Tapi apa kamu tahu bahwa ternyata kebiasaan selfie atau memotret diri sendiri ini sebenarnya bisa mendorong kamu menuju hal yang tidak baik. Kebiasaan selfie yang berlebihan bisa membuatmu kecanduan lho.

Suka Selfie Berlebih (Selfistis)

Nah, pada dasarnya tidak semua orang yang suka selfie bisa dikatakan sebagai selfistis. Kenyataannya orang-orang dengan kecenderungan selfie berlebihan (tidak kenal tempat dan waktu) saja yang bisa dimasukkan dalam kategori kondisi kejiwaan ini. FYI, kamu harus tahu bahwa selfistis sendiri dibagi menjadi 3 tingkatan yaitu:

  • Borderline yaitu seseorang yang melakukan selfie dengan intensitas minimal 3 kali dalam sehari. Namun, orang yang masuk kategori borderline ini tidak akan mengunggah hasil foto selfienya ke media sosial. Jadi foto selfie nya hanya dijadikan koleksi saja.
  • Acute, nah kategori kedua ini adalah untuk kamu yang gemar selfie dan mengunggahnya ke media sosial. Tidak ada batasan minimal atau maksimal untuk kategori ini, tapi intinya kamu mengambil foto selfie dan mengunggahnya ke medsos.
  • Chronic yaitu kamu yang ada dalam kondisi kejiwaan berbahaya akibat selfie berlebih. Jadi dalam sehari kamu bisa memenuhi timeline medsos mu dengan berbagai macam foto selfie kamu.

Bisa Memicu Sifat Obsesif

Apa kamu tahu jika orang yang suka selfie dan mengunggahnya ke media sosial bisa dikaategorikan sebagai orang yang memiliki rasa PD berlebihan? Saat seseorang mengunggah foto selfienya, maka mereka pasti mengunggah foto terbaik yang dimiliki. Nah, untuk mendapatkan foto selfe terbaik inilah, mereka biasanya memulai proses panjang mulai dari memilih angle yang bagus, memilih outfit atau style yang cocok, memilih ekspresi wajah, hingga memilih tools atau filter yang akan digunakan.

Pada akhirnya seringkali foto selfie yang diunggah oleh seseorang tampak jauh dari realita yang sebenarnya lho. Nah, pada dasarnya kebiasaan selfie ini bisa membentuk perilaku atau sifat obsesif jika tidak ditangani dengan bijaksana. Karena itulah sebaiknya mulai sekarang kamu mengurangi kebiasaan ini ya.. akan lebih baik jika kamu mengunggahhal-hal yang berbau positif ke media sosialmu.

Advertisements

Leave a Reply