Health Life

Ini Nih Deodoran Alami Untuk Mengusir Bau Badan

Bau badan menjadi salah satu masalah yang cukup memusingkan. Hal ini karena kemunculan bau badan bisa membuat kepercayaan diri kamu turun drastis. Tidak hanya itu, seseorang dengan bau badan menyengat seringkali merasa tidak nyaman saat berada di keramaian. Kamu tentu tidak ingin mengalami hal ini kan? Lalu bagaimana cara mengusirnya? Faktanya beberapa orang mengandalkan deodorant untuk mencegah bau badan. Tapi daripada menggunakan deodorant berbahan kimia, kenapa kamu tidak memilih deodorant alami seperti berikut ini:

  1. Timun

Sayuran yang sering digunakan sebagai lalapan, bahan rujan dan juga campuran acar  ini ternyata memiliki fungsi lain yaitu sebagai deodorant alami lho. Kamu enggak percaya? Coba saja ambil satu buah timun, kamu bisa menghancurkannya atau mengirisnya tipis. Kemudian gosokkan secara perlahan timun yang sudah dihaluskan atau diiris tadi ke permukaan kulit ketiak kamu. Jika dilakukan secara rutin, kamu tidak perlu lagi merasa terganggu dengan bau badan.

  1. Temulawak

Apa kamu tahu, selain digunakan sebagai jamu untuk menambah nafsu makan, ternyata temulawak bisa digunakan untuk deodorant alami lho. Jadi sebenarnya temulawak mengandung minyak atsiri, flavonoida dan juga saponin. Nah, ketiga zat tadilah yang berfungsi untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Kamu bisa mencobanya dengan menghaluskan temulawak dan mengoleskannya pada permukaan kulit ketiak. Atau kamu juga bisa mengkonsumsi air rebusan temulawak yang sudah diberi madu sebagai pemanis alaminya.

  1. Bunga Kecombrang

Apakah kamu tahu bunga kecombrang? Bunga cantik berwarna pink kemerahan ini ternyata juga mengandung saponin, flavonoida dan minyak atsiri seperti temulawak lho. Fungsinya pun sama yaitu untuk menghilangkan bau badan. Untuk mendapatkan manfaat secara optimal, kamu bisa merebus bunga ini dan menjadikannya lauk teman makan nasi lho. Gampang kan?

  1. Daun Beluntas dan Daun Sirih

Kedua jenis daun ini sama-sama mengandung minyak atsiri yang tinggi sehingga cocok untuk mengatasi bau badan. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa menyantap daun beluntas sebagai lalapan dengan nasi atau merebusnya dan meminum air rebusannya. Sedangkan untuk daun sirih, kamu bisa merebusnya dan meminum air rebusannya atau menggunakan air rebusannya untuk mandi.

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: