Tasty

Jajanan Aneh Yang Hanya Dimiliki Orang Indonesia

Indonesia di kenal sebagai negara yang kaya akan budaya dan kulinernya. Setiap daerah punya masakan jagoanya sendiri – sendiri. Tidak hanya makanan tradisionalnya saja yang turut mencuri perhatian namun jajajan tradisional mampu menarik perhatian wisatawan. Dari jajanan tersebut pasti kamu merasa ada beberapa yang aneh dilihatnya namun bikin ketagihan kalau sudah sekali mencoba. Ayo simak beberapa jajanan aneh namun begitu bikin orang Indonesia sendiri ketagihan mengkonsumsinya berikut ini :

Krasikan

Jajanan tradisional yang pertama datang dari Jogjakarta bernama krasikan. Jika kamu lihat sekilas jajanan satu ini tidak begitu terlihat enak. Warnanya yang gelap dan lengket membuatmu akan berpikir dua kali untuk memakannya. Biarpun begitu jika kamu sekali mencobanya dijamin bikin ketagihan. Krasikan terbuat dari tepung ketan dan gula jawa yang dibentuk potongan kotak – kotak. Rasanya yang manis bisa kamu jadikan kudapan bersama teh ada kopi di sore atau pagi hari.

Mendol

Yang suka sekali dengan gorengan pasti kenal dengan mendol yang biasa kamu temukan di wilayah Jawa Timur. Mungkin bentuknya bisa bikin kamu illfee namun rasanya tak jauh berbeda dengan tempe goreng namun lebih gurih dan sedikit pedas. Mendol juga bisa disantap bersama nasi jagung dan ditemani sayur lodeh yang yummy banget jika dimakan selagi hangat.

Perut Ayam

Dari namanya kamu bisa menebak kenapa jajanan satu ini sering disebut sebagai perut ayam. Visualnya saja seperti lingakaran usus dan sering dijual di pasar – pasar tradisional. Rasanya lumayan manis dan berminyak serta biasa jadi teman es cendol kalau sudah menjelang siang.

Dudo Kemulan

Orang Jawa itu kalau kasih julukan memang unik – unik apalagi untuk makanan. Ada yang member nama sebuah gorengan dengan nama rondo royal yang artinya janda suka member. Selain rondo royal ada juga camilan tradisional yang diberi nama dudo kemulan. Dudo dalam bahasa Indonesia diartikan dengan duda sedangkan kemulan adalan berselimut. Jadi kalau diartikan penuh dudo kemulan ialah duda yang sedang berselimut.

Makanan satu ini terbuat dari singkong yang diparut kemudian ditambahkan gula merah dan dibungkus menggunakan daun pisang. Selanjutnya bahan inipun dikukus hingga matang dan biasa ditambahkan parutan kelapa untuk menambahkan kegurihannya.

Advertisements

Leave a Reply