Life

Tradisi Nyepi Yang Jarang Kamu Ketahui, No 3 Wow Benget

Nyepi merupakan hari raya bagi umat Hindu di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri hari Nyepi amat terasa di pulau Bali yang memang mayoritas penduduknya beragama Hindu. Tentu saja pada hari tersebut bahkan beberapa hari sebelum hari Nyepi masyarakat Bali sudah disibukkan dengan berbagai persiapan dan berbagai acara yang wajib diikuti oleh semua lapisan masyarakat.

Bali Seakan Jadi Mati Sesaat

Ketika datang hari Nyepi maka umat hindu diwajibkan untuk tidak bepergian, bekerja, menyalakan api atau cahaya serta tidak diperkenankan untuk bersenang – senang. Hal ini dimulai sejak matahari terbit hingga terbit matahari keesokan harinya. Otomatis Bali serasa seperti kota mati sebab tak ada pesawat yang melakukan penerbangan ataupun landing di bandara, mesin ATM mati dan tamu hotel tidak diperkenankan untuk check out  bahkan hotel tak melayani check in. akibatnya lingkungan di Bali menjadi bersih total tanpa polusi selama sehari. Bisa dibilang perayaan Nyepi merupakan waktu untuk mengistirahatkan bumi.

Setiap Rumah Dihiasi Dengan Penjor

Penjor merupakan bamboo – bamboo yang dihiasi dengan beragam ornament janur. Setiap ruas jalan, perkantoran hingga perumahan tak luput dari hiasan satu ini. Masyarakat Bali biasa menghias lingkungan mereka 1 hingga 2 hari sebelum perayaan.

Ada Banyak Tradisi Unik Mulai Dari Ciuman Massal Hingga Pawai Ogoh –  Ogoh

Ketika hari Nyepi tiba maka jangan heran jika masyarakat Bali akan menggelar perayaan secara besar – besaran. Kamu bisa ikut menikmati pawai ogoh – ogoh yakni boneka raksasa yang diarak ke sekeling desa untuk mengusir roh jahat. Pawai ini biasa dilakukan sehari sebelum Nyepi tiba. Sehari setelah hari Nyepi berakhir aka nada tradisi Omed – omedan yakni ciuman masal yang dilakukan komunitas remaja di Banjar Kaja, Sesetan Denpasar. Tradisi ini dilakukan untuk tolak bala dan sebagai tanda luapan kebahagiaan anak – anak muda.

Setiap menuju hari Nyepi pasti pusat perbelanjaan juga ramai diserbu pembeli yang membludak untuk membeli bahan makanan. Tak hanya umat Hindu saja lo yang sibuk belanja bagi mereka yang beragama non Hindu pun disibukkan mencari bahan makanan untuk bertahan seharian saat Nyepi tiba.

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: