Health

Fakta Tentang Hubungan Lemak dan Diet

Banyak orang yang menyatakan bahwa makanan berlemak menjadi salah satu pantangan dalam rangka menurunkan berat badan. Bahkan ada stigma yang beredar bahwa makanan berlemak akan menyebabkan kegemukan hingga obesitas. Padahal kenyataannya tubuh membutuhkan lemak dan menurut seorang professor pediatrics yang bernama Aaron Carroll, makanan berlemak itu tidak menyebabkan kegemukan. Simak ulasan mengenai hubungan antara lemak dan diet atau pengurangan berat badan.

  1. Diet Rendah Lemak Tidak Membuat Kamu Kurus

Opini dan keyakinan bahwa lemak menjadi salah satu penyebab kegemukan memang tidak bisa dihilangkan begitu saja dari pikiran semua orang. Padahal kenyataannya saat kamu melakukan diet rendah lemak, kamu juga tidak akan kurus. Sebaliknya bisa saja kamu kekurangan gizi karena lemak merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Makanan Berlemak Bisa Mengurangi Berat Badan

Apa kamu tahu bahwa di luar sana ada penelitian yang dilakukan dan hasil penelitiannya cukup mengesankan. Di mana orang-orang yang mengkonsumsi porsi makanan dengan kadar lemak tinggi tapi rendah karbohidrat ternyata cenderung mengalami penurunan berat badan. Kemudian untuk orang-orang yang berhenti mengkonsumsi makanan berlemak dan banyak mengkonsumsi karbohidrat serta gula cenderung mengalami kegemukan atau peningkatan berat badan.

  1. Diet Rendah Lemak Meningkatkan Resiko Serangan Jantung

Tidak banyak yang tahu jika berdasarkan studi, orang yang melakukan diet rendah lemak lebih sering dikaitkan dengan penyebab serangan jantung dan penyakit hati. Sebaliknya, orang-orang yang sedang menjalankan program diet rendah karbo ternyata memiliki resiko lebih rendah untuk dua penyakit tadi. Bagaimana menurut kamu?

Selain ketiga fakta itu, kamu juga harus tahu bahwa tubuh membutuhkan lemak karena lemak memiliki peran penting dalam proses pembekuan darah, pergerakan otot, penyerapan vitamin dan juga mineral. Tidak hanya itu, kamu juga harus menyadari bahwa untuk mewujudkan mimpi demi bisa menurunkan berat badan, kamu seharusnya tidak mengurangi lemak. Lebih dari itu kamu harus mengurangi asupan gula karena kenyataannya gulalah tersangka utama yang menyebabkan berat badan kamu naik.

Yakin masih mau mengurangi konsumsi lemak?

Advertisements

Leave a Reply