Life

Hati-Hati Perilaku Ini Jadi Tanda Kalo Pasangan Mencoba Mengekangmu

Saat ini kita seringkali mendengar ada kasus kekerasan dalam rumah tangga atau bahkan dalam hubungan antar pasangan yang belum resmi secara agama dan hukum. Kekerasan yang terjadi pun tidak melulu tentang kekerasan fisik tapi juga mental dan verbal. Nah, apa kamu tahu bahwa kasus-kasus yang terjadi itu rata-rata dilator belakangi oleh hubungan yang tidak sehat. Di mana salah satu pihak terlalu mendominasi atau mengekang. Untuk itulah, kamu harus mampu mengantisipasi kemungkinan buruk dalam menjalin hubungan ini dengan menyadari beberapa perilaku yang bisa menunjukkan bahwa pasangan mencoba untuk mendominasi atau mengekang.

Source: Love Panky

  1. Kamu Mulai Mempertanyakan Keputusanmu Sendiri

Salah satu tindakan manipulatif yang coba dilakukan oleh pasangan agar bisa mendominasi adalah dengan membuatmu mempertanyakan keputusan yang kamu ambil. Misalkan saja setiap kali kamu melakukan sesuatu atau ingin bertemu dengan teman atau sahabat, pasangan akan selalu mengatakan bahwa kamu tidak mementingkan mereka. Pasangan akan mencoba memainkan emosimu dengan berperan sebagai korban yang selalu membutuhkanmu disampingnya. Lama-lama kamu tidak akan memiliki pendirian dan selalu menuruti kehendaknya.

  1. Kamu Sering Dibohongi Secara Sadar atau Tidak Sadar

Pasanganmu secara tidak langsung akan menggunakan segala cara agar kamu mau menurutinya. Bahkan mereka tidak segan untuk berbohong agar kamu tetap ada di sisinya. Ingat, dalam hubungan, kebohongan sekecil apapun bisa memicu masalah. Cobalah menyadari bahwa kebohongan yang mereka  lakukan itu untuk membawamu berada di bawah kontrol mereka. Untuk itu penting bagi kamu mengikuti kata hati dan menolak pasangan ya.

  1. Bergantung Pada Pasangan

Pasangan yang ingin mengekang atau mendominasimu pasti akan berusaha agar kamu selalu bergantung pada mereka. Mereka ingin mengendalikan hidupmu sepenuhnya dan berusaha menanamkan fakta bahwa kamu akan selalu aman di sampingnya. Secara tidak langsung, sikap ini akan menjauhkan kamu dari orang-orang sekitarmu. Pasangan akan mencoba membatasi akses orang lain termasuk keluarga dan sahabat untuk berkomunikasi atau berhubungan denganmu.

Ingat, dalam setiap hubungan kerja keras kedua belah pihak untuk saling menghargai, menghormati dan mempercayai adalah basic yang tidak bisa ditawar.

Advertisements

Leave a Reply