Art

Kenalin Guys Ini Dia Efek – Efek Keren Pada Photoshop

Adobe Photoshop merupakan salah satu program yang kerap digunakan oleh fotografer maupun desain grafis dalam mengedit atau memberi efek pada gambar. Photoshop sendiri telah dirilis sejak 19 Februari 1990 yang biasa digunakan dalam sistem operasi Windows dan OS. Dalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur yang membantu kamu menghasilkan gambar yang out of the box. Salah satunya ialah fitur efek untuk membuat tampilan gambar kamu lebih punya emosi. Penasaran? Yuk simak selengkapnya berikut ini!

Vintage

clem-onojeghuo-210711-unsplash.jpg

Bagi kamu yang suka sekali dengan segala hal berbau vintage maka foto kamu juga bisa diberi efek vintage dengan adobe photoshop. Caranya juga sangat mudah yakni pertama buka foto yang ingin kamu tambahkan efek vintage. Setelah itu klik layer pada menu utama adobe photoshop. Kemudian pilih new fill layer dan klik solid color. Selanjutnya ganti mode normalmu dnegan exclusion pada layer baru tadi. Kemudian atur Oppacity menjadi 40 % -80 % dan jadilah foto kamu dengan efek vintage.

Lomo

saketh-garuda-646794-unsplash.jpg

Dengan Adobe Photoshop kamu juga bisa memberi efek lomo pada gambar kamu walau tidak menggunakan kamera lomografi.  Langkahnya juga sangat mudah dimulai dengan mengklik menu layer kemudian pilih new adjustment layer. Setelahnya klik gradient map maka akan muncul kotak gradient editor. Isilan kolom dibawahnya kolom B dengan #000033 dan dilanjutkan dengan membuat layer baru kemudian pilih brush pada menu tools. Gunakan warna dengan code #ffcccc, berikan effect blend mode dan turunkan opacity menjadi 50% dan gambarmu pun akan berubah ke efek lomo.

Vignette

spencer-dahl-594090-unsplash.jpg

Bagi kamu yang ingin memberikan efek lebih gelap pada bagian tepi fotomu maka biasakan untuk menggunakan efek vignette. Efek vignette mampu memberikan penekanan pada obyek foto sehingga yang melihatnya akan terpaku pada satu obyek saja. Langkahnya mudah yakni pilih elliptical marquee tool pada kolom tool. Seleksi obyek utamamu  kemudian klik menu select lalu modify kemudian feather. Isi nilai feather sesuai kebutuhan mulai drai 75 -250. Kemudian klik select lagi lalu invert  dan setelah itu gunakan curve adjustment. Klik menu layer lalu pilih new adjustment layer kemudian curves dan tarik kurva sesuai kebutuhan kamu.

 

Advertisements

Leave a Reply