Art Style

Sulab Abis Foto Kamu Dengan Efek Hitam Putih

Tak semua foto yang menarik harus memiliki warna yang colorful karena foto hitam putihpun akan lebih terkesan hidup dan abadi. Untuk menghasilkan foto hitam putih berkualitas dan elegan maka kamu juga memperhitungkan kontras obyek yang kamu foto. Tidak lupa kejernihan dari obyek yang diambil harus benar – benar jelas karena hanya akan menggunakan satu warna saja. Nah, bagi kamu yang ingin mengaplikasikan efek hitam putih pada foto kamu maka ada baiknya ikuti beberapa tips berikut ini.

Pakai HDR atau RAW

Saat menggunakan smartphone dalam mengambil obyek jangan lupa untuk mengatur dalam mode HDR. HDR merupakan singkatan dari high dynamic range yang mampu menangkap secara detail obyek yang kamu foto. HDR juga bisa membantu kamu saat mengedit sisi gelap dari obyek dan mencerahkan foto. Ada baiknya pula jika kamu menyimpan gambarmu dalam bentuk format RAW. Format ini bisa membantumu dalam mengontrol tampilan gambar dan memperoleh informasi warna jika dipindahkan dalam computer.

ISO Semestinya Bernilai Rendah

Dalam mengambil foto dengan penambahan efek hitam putih maka kamu dituntut untuk mengambil foto obyek sejelas mungkin. Angka ISO juga harus rendah agar pencahayaan yang dipakai semakin tinggi dan obyekmu terlihat jelas.ISO yang rendah juga memungkinkanmu mengambil gambar tanpa batuan lampu flash.

Pertimbangkan Pola dan Teksturnya

Foto berwarna emang mengandalkan keragaman warna yang digunakan dalam setiap pengambilan fotonya. Hal ini berbeda dengan foto yang dibuat hitam putih sehingga penting bagi kamu untuk melihat pola dan tekstur dari obyek kamu. Pola yang menonjol tentu akan sangat berguna dalam mengambil foto yang menarik penonton. Perhatikan kontras dari gambar kamu serta jangan sampai menggabungkan warna solid tunggal saat mengambil gambar.

Gunakan Sidelighting Saat Outdoor

Jika kamu lebih senang mengambil obyek di luar ruangan maka upayakan untuk menggunakan teknik sidelighting. Adanya pencahayaan samping maka bentuk dari obyek yang kamu ambil akan terlihat sangat jelas karena jatuhnya bayangan. Jika kamu ingin mencoba teknik ini maka pergilah saat sore atau pagi hari ketika matahari ingin menampakan diri.

 

Advertisements

Leave a Reply