Life Parents

Yuk Obati Sifat Pemalu Sikecil Melalui Kebiasaan Barunya

Tak semua anak memiliki sifat pemberani sejak dini. Ada beberapa faktor yang membuatnya menjadi pribadi yang lebih pemalu ketimbang anak lainnya. Beberapa alasan tersebut diantaranya adalah pola asuh yang salah, trauma, kurang diajak bersosialisasi atau mungkin kamu terlalu memanjakannya. Biarpun begitu sifat pemalu ini bukan berarti tak ada obatnya, ada beberapa cara untuk membuat sifat pemalu sikecil lenyap begitu saja.

Ikutkan Dalam Kesenian Atau Olahraga

Cara asyik agar sikecil tidak malu lagi bisa dengan mengikutsertakan ia dalam kelas kesenian atau olahraga. Kamu bisa memasukkannya sesuai minatnya seperti menari, modeling hingga aneka olahraga yang ia gemari. Jika ia suka sekali menulis mak biasakan dirinya untuk membaca tulisannya dihadapanmu atau keluarga.

Ajaklah Ke Tempat Yang Ramai

Anak bisa menjadi pemalu jika ia merasa asing di suatu tempat. Solusinya seringlah mengajaknya ke tempat yang ramai seperti mengajaknya belanja atau ke taman bermain. Tempat yang ramai akan membuatnya terbiasa dengan orang – orang. Sesekali mintalah ia untuk menanyakan belanjaanmu kepada pedagang untuk merangsangnya bicara.

Biasakan Untuk Bekerja Sama dan Berbagi

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya terkait sifat pemalu bisa timbul karena kurangnya interaksi dengan orang lain. Ada baiknya jika anda sering mengikutsertakan anak pada permainan yang mendorong kerja sama tim. Untuk mengurangi sifat pemalu karena dimanja maka ajarkan anak untuk berbagi dengan orang lain.

Berikan Pujian Padanya Atas Keberaniannya

Dalam mengubah sifat pemalunya tentu saja tak bisa instan pasti butuh proses. Berikanlah pujian padanya atas keberaniannya untuk berbicara walau menurut kamu masih terasa kurang. Seiring dengan banyaknya interaksi yang dilakukan sikecil maka kepercayaan dirinya juga akan tumbuh dan pemalunya lambat laun akan menghilang.

Biasakan Dirinya Untuk Bereksplorasi

Tentu saja kamu berhak melarang sikecil bertindak sesuatu yang merugikan dirinya namun bukan berarti kamu melarang ia untuk bereksplorasi.biarkan ia menjadi penjelajah dan memenuhi keingin tahuannya. Hindari mengatakan jangan dan lebih baik tunjukkan kerugian dan kelebihan atas penemuannya. Ini bisa jadi pembelajaran untuk kamu dan sikecil untuk mempelajari sesuatu hal.

Advertisements

Leave a Reply