Health Life

Manfaat Lompat Tali yang Perlu Kamu Tahu

Lompat tali menjadi salah satu permainan yang melekat pada anak-anak. Bahkan mungkin kamu masih ingat betapa bahagianya kamu dulu bermain lompat tali dengan teman sebayamu. Faktanya, permainan yang juga bisa disebut sebagai olahraga ini memiliki beberapa manfaat yang mungkin kamu tidak tahu. Yuk simak beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari permainan lompat tali ini. Siapa tahu kamu berminat untuk melakukan lompat tali sebagai olahraga sehari-hari kan?

  1. Membakar Lemak

Setiap aktivitas yang dilakukan dengan menggerakkan tubuh pasti bisa membantu membakar lemak, termasuk si lompat tali ini. Hanya dengan melakukan lompat tali selama 10 menit saja maka tubuh sudah membakar 330 kalori. Bandingkan saja dengan jogging selama 30 menit yang hanya mampu membakar 270 kalori.

  1. Bisa Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kamu harus tahu bahwa permainan sekaligus olahraga lompat tali ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jantung. Idelanya kamu bisa melakukan .lompat tali 3 hingga 5 kali dalam seminggu atau kamu bisa menyesuaikan intensitas dengan daya tahan dan kemampuan tubuhmu.

  1. Kulit Bisa Lebih Sehat

Beberapa dari kamu mungkin tidak mempercayai ini, tapi benar bahwa lompat tali bisa membuat kulitmu lebih sehat. Bagaimana caranya? Dengan lompat tali maka toksin-toksin dalam tubuhmu akan dikeluarkan melalui keringat. Selain itu toksin-toksin yang hilang juga bisa membuat aliran darah semakin lancar sehingga kulit bisa menyerap nutrisi lebih banyak.

  1. Bisa Membantu Meningkatkan Koordinasi

Apa kamu tahu bahwa permainan yang menggunakan tali sebagai alat utama ini bisa membantu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuhmu? Secara ilmiah, saat kamu bermain lompat tali maka pikiranmu akan fokus pada kaki. Mengingat tali akan terus diputar maka kamu harus fokus untuk mengangkat kedua kaki di saat yang tepat.

  1. Bisa Membantu Meningkatkan Kepadatan Tulang

Saat ini banyak orang terkena penyakit tulang, kamu pasti tidak ingin mengalaminya kan? Nah, berdasarkan penelitian ternyata lompat tali bisa membantu meningkatkan kepadatan tulang. Jadi secara tidak langsung dengan lompat tali maka kamu akan terhindar dari resiko penyakit tulang.

 

Advertisements

Leave a Reply