Life

Sadarkah Kamu Hal Ini Membuatmu Semakin Boros

Tanpa disadari ada beberapa kebiasaanmu yang nyatanya memicu pemborosan. Jika ketidaksadaran ini terus menerus dibiarkan maka kamu benar-benar bisa jatuh “miskin” karenanya. Lalu bagaimana cara terbaik untuk mengatasi pemborosan tanpa sadar ini? Pertama, kamu harus mencari tahu kebiasaan mana yang mendorongmu menjadi lebih boros. Kurangi atau hilangkan kebiasaan itu dan kemungkinan besar kamu bisa lebih berhemat. Yuk simak beberapa kebiasaan yang ternyata bisa membuatmu semakin boros berikut ini:

  1. Belanja Di Convenience Store

Convenience store menjadi salah satu bagian dari kehidupan di era modern. Di manapun kamu berada, kamu bisa menemukan toko retail ini dengan sangat mudah. Tanpa kamu sadari keberadaan toko ini ternyata memicu pemborosan. Saat kamu memasuki convenience store maka hasrat untuk berbelanja seringkali tidak terbendung. Ada saja barang yang awalnya tidak ingin dibeli tapi akhirnya ikut terbeli. Ini termasuk gejala pemborosan. Untuk mengatasinya sebaiknya kamu mengurangi intensitas belanja di convenience store. Atau sebaiknya kamu beralih berbelanja ke swalayan atau grosir yang menawarkan harga lebih murah.

  1. Tagihan Telepon dan Internet

Kebutuhan untuk berkomunikasi dan terhubung dengan banyak orang membuat tagihan internet dan telepon membengkak. Tapi karena keduanya menjadi kebutuhan primer saat ini maka mau tidak mau kamu harus membayar tagihannya. Bagaimana cara mengatasi hal ini? satu-satunya cara adalah dengan memilih paket internet dan juga telepon sesuai kebutuhan. Hindari melakukan hal-hal yang tidak perlu dilakukan yang berhubungan dengan penggunaan telepon dan internet.

  1. Snack, Softdrink dan Rokok

Ketiga hal di atas memang bukan kebutuhan primer. Tapi nyatanya ketiganya menjadi kebiasaan yang sulit untuk ditinggalkan oleh banyak orang. Rasanya setiap hari kurang lengkap tanpa ketiga hal tadi. Meskipun ketiganya terlihat tidak menyita budget harianmu, tapi jika kamu akumulasikan, dalam sebulan pos pengeluaran untuk snack, soft drink dan rokok cukup besar. Jadi sebaiknya mulai sekarang kamu mulai mengurangi intensitas membeli ketiganya. Khusus untuk rokok, sebaiknya kamu belajar untuk menghentikannya mengingat efek rokok terhadap kesehatanmu.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu..

Leave a Reply

%d bloggers like this: