Life

Tips Agar Baterai Smartphone Lebih Tahan Lama

Smartphone menjadi salah satu benda yang sulit untuk dipisahkan dari hidup setiap orang. Bahkan bersama dengan dompet, smartphone menjadi benda yang harus kamu bawa kemanapun kamu pergi. Sehari saja tidak memegang smartphone rasanya ada yang kurang. Iya kan? Nah, karena penggunaan smartphone yang berkelanjutan maka tidak heran jika baterainya sering habis lebih cepat. Untuk membantumu mengatasi masalah baterai cepat habis, berikut ini ada beberapa tips agar baterai smartphone (khususnya iPhone) lebih tahan lama:

  1. Sortir Aplikasi di Smartphone

Kamu mungkin tidak menyadari bahwa beberapa aplikasi nyatanya membuat baterai lebih mudah berkurang. Untuk mengeceknya, kamu bisa masuk ke Setting dan pilih opsi Battery, di sini kamu bisa melihat aplikasi-aplikasi yang mungkin memakan baterai terlalu banyak. Dari sini kamu bisa menentukan aplikasi mana yang boros penggunaan baterai dan kurang penting penggunaanya. Setelahnya kamu bisa uninstall aplikasi-aplikasi tersebut.

  1. Perhatikan Background App Refresh Smartphone-mu

Fitur yang satu ini bisa membuat aplikasi terus-menerus memperbarui proses data yang ada meski kamu sedang tidak menggunakannya. Dengan begini maka fitur ini secara tidak langsung memakan baterai. Karena itu, kamu harus selektif aplikasi mana yang harus direfresh otomatis dan mana yang tidak.

  1. Location Service Harus Dimatikan Jika Tidak DIgunakan

Fitur lain yang cukup memakan baterai adalah Location Service. Fitur yang satu ini secara otomatis akan mengupdate lokasimu saat ini di media sosial atau aplikasi transportasi online. Hal ini secara tidak kamu sadari terus menerus memakan baterai dan untuk menghematnya maka kamu harus mematika fitur ini saat tidak digunakan.

  1. Manfaatkan Wifi

Beberapa orang menganggap Wifi sebagai penyelamat paket internet bulanan. Tapi faktanya, penggunaan Wifi juga bisa menghemat baterai. Kamu harus tahu bahwa saat kamu menggunakan jaringan LTE atau 4G maka smartphone mu membutuhkan daya lebih dan ini memicu baterai smartphone cepat habis. Karena itulah tidak ada salahnya untuk memanfaatkan Wifi di mana pun kamu berada untuk menghemat penggunaan baterai.

Selain keempat tips di atas, kamu juga bisa menghindari penggunaan flash kamera untuk menghemat penggunaan baterai.

Advertisements

Leave a Reply