Parents

Cara Tepat Mengatasi Anak Yang Masih Suka Ngompol

Mengompol merupakan kebiasaan yang umum dialami oleh setiap anak namun jika kebiasaan ini terlalu lama dimiliki sikecil tentu tidak baik baginya. Ketika sikecil sudah menginjak umur 6 tahun seharusnya kebiasaan mengompol ini sudah seharusnya berkurang. Ada beberapa alasan kenapa sikecil masih saja mengompol walau sudah masuk SD. Bisa saja sikecil memiliki kandung kemih yang lebih kecil, factor psikologi dan keturunan hingga factor hormone Vasopressin. Biarpun begitu ada kok cara untuk mengubah kebiasaan mengompol sikecil ini.

Hindari Minuman Ini Di Malam Hari

Bagi anak yang masih suka mengompol penting bagi anda untuk mengatur asupan minumannya terlebih di malam hari. Batasi minuman yang banyak mengandung kafein serta hindari mengkonsumsi susu cokelat dan minuman bersoda di malam hari. Jangan cekokin anak kamu dengan obat – obatan dan fokuslah untuk melatih kebiasaannya. Untuk anak yang memiliki kantung kemih kecil berilah ia latihan untuk selalu ke toilet  meskipun di tengah malam dan tidak menahan-nahan buang air kecilnya.

Terapkan Toilet Training

Bantulah anak kamu untuk berani ke kamar mandi sendiri sehingga dimalam hari ia sanggup ke kamar mandi tanpa sungkan membangunkan kamu. Ajarkan untuk buang air kecil sebelum ia tidur dan jangan memarahinya jika ia masih tetap mengompol. Berikan perlak yang bisa jadi alas tidurnya sehingga tidak merepotkanmu untuk membersihkan ranjangnya ketika ia mengompol.

Lakukan Relaksasi Untuk Sikecil

Bisa saja anak kamu masih memiliki kebiasaan mengompol karena stress dan factor psikis lainnya. untuk itu bicarakan dan beri nasehat untuknya serta motivasi agar ia mampu menghadapi masalahnya tersebut. Berikan pula pijatan refleksi oleh ahlinya pada bagian tertentu yang memang terhubung dengan saluran kemih.

Beberapa Bahan Yang Dipercaya Mampu Mengatasi Kebiasaan Mnegompol

Daripada kamu mencoba obat – obatan yang mengandung bahan kimia lebih baik cobalah ramuan dari bahan alami yang kecil efek sampingnya untuk sikecil. Kamu bisa membiasakan diri menaruh bubuk kayu manis diatas roti panggang sikecil. Kamu juga bisa membiasakan sikecil untuk sering mengkonsumsi madu, cranberry, kenari atau kismis atau telur ayam kampung. Kabarnya gula merah juga ampuh untuk mengurangi kebiasaan mengompol pada anak kecil.

 

Advertisements

Leave a Reply