Health Life

4 Hal Yang Harusnya Kamu Lakukan Saat Menstruasi

Menstruasi merupakan hal yang dialami oleh setiap wanita. Pada masa menstruasi biasanya kaum hawa akan lebih sensitive ketimbang hari biasanya. Pada masa ini wanita tidak boleh sembarangan sebab akan mempengaruhi masa haidnya. Ini dia 4 hal yang mestinya kamu lakukan jika sedang menstruasi agar kesehatanmu selalu terjaga.

Hindari Makanan dan Minuman Yang Memicu Ketidaknyamanan Haidmu

Saat menstruasi sebenarnya ada beberapa makanan dan minuman yang pantang untuk kamu konsumsi. Jika kamu bandel dan mengkonsumsinya secara berlebihan maka jangan harap jika masa menstruasimu akan nyaman dan lancar. Ketika kamu sedang haid hindari untuk mengkonsumsi banyak air es sebab dapat membuat darah tertinggal di dinding rahim yang memicu kista. Kamu juga dilarang untuk banyak mengkonsumsi air bersoda yang mampu meningkatkan tekanan darah juga nyeri menstruasi. Tidak lupa hindari mengkonsumsi makanan asin secara berlebihan untuk mengurangi kembung pada perut.

Kapan Sebaiknya Ganti Pembalut ?

Saat menstruasi maka wanita akan menggunakan pembalut untuk menahan darah agar tidak tembus hingga ke busana mereka. saat memakai pembalut kamu harus ingat untuk menggantinya setiap beberapa jam terlebih jika lagi deras – derasnya. Gantilah setiap 3-6 jam sehari yang artinya kamu perlu mengganti sekitar 4-6 kali. Pasalnya jika kamu tetap memakai seharian pembalutmu maka sama artinya kamu memberikan kesempatan bagi jamur daan bakteri untuk tumbuh.Sering menggunakan pembalut tak jarang kamu mendapati ruam di kulitmu sehingga perlu memakai salep antiseptic atau taburkan beberapa bedak bayi.

Membersihkan Vagina Dengan Benar Itu Kewajiban

Saat kamu haid tak hanya perlu mengganti pembalut saja tetapi juga wajib membersihkan vagina. Bagian intim ini amatlah rentan terkena wabah penyakit karena lembab dan mengeluarkan darah kotor. Untuk membersihkan vagina saat haid maka gunakan air dengan mengusap dari arah depan ke belakang. Lebih bagus lagi jika kamu membersihkannya dengan memakai air hangat agar kuman sirna. Hindari teknik douching saat membersihkan miss V.  hindari menggaruk selangkangan dang anti celana dalamu 2 kali sehari.

Hindari Bergadang

Bagi kamu yang sedang haid juga tidak dianjurkan untuk begadang sebab mengganggu masa kesuburan. Pasalnya dengan begadang maka kamu akan mudah sekali stress dan nantinya malah menganggu produksi hormone. Jangan sering begadang lakukan saja olahraga ringan agar kamu terhindar dari insomnia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: