Health

Sering Disangka Gulma Padahal Tanaman Ini Punya Banya Khasiat

Gulma merupakan sebutan yang digunakan untuk tanaman yang merusak atau menurunkan hasil panen pertanian. Gulma ada beberapa jenis seperti teki – tekian, rerumputan hingga pakis – pakisan. Sayang ternyata beberapa tanaman yang sering dianggap gulma oleh masyarakat memiliki khasiat yang amat banyak. Daripada kamu buang atau jadikan makanan ternak tanaman ini bisa kamu olah kembali menjadi produk lain yang mungkin bisa kamu jadikan lahan bisnis.

Ciplukan Yang Sering Kamu Temui Dipinggir Kali

Kalau waktu kecil kamu hobi jalan – jalan ke sawah pasti sering melihat tanaman ciplukan yang menggoda kamu untuk mencobanya. Daging buahnya tertutup daun berbentuk mirip belimbing dan matang ketika daunnya telah berubah menguning. Kalau di Indonesia tanaman ini sering disingkirkan namun jika kamu berada di Brunei harga satu bijinya diharga Rp 10.000.  Ciplukan ini ternyata mampu mengatasi epilepsi dan baik untuk kamu yang mengidap diabetes mellitus. Ciplukan juga baik untuk kanker payudara bahkan sakit tenggorokan.

Krokot Yang Dikira Tak Ada Gunanya

Tak hanya ciplukan tanaman krokot juga sering dihilangkan saat berada ditanaman utama. Krokot memiliki batang berbentuk bulat dan warnanya cokelat keunguan. Daunnya tunggal dan berdaun tebal serta memiliki bunga di ujung percabangan. Krokot ternyata menjadi tanaman obat dunia yang diprioritaskan oleh WHO. Tanaman ini kaya akan vitamin A yang mencegah kanker dan Omega 3 yang melindungimu dari penyakit stroke dan jantung. Tak hanya itu krokot juga kaya akan kalsium dan zat besi sehingga bisa kamu gunakan untuk bahan masakan layaknya sayuran biasa.

Daun Kolesom Yang Juga Sering Disebut Ginseng Jawa

Satu lagi tanaman yang sering dianggap sebagai gulma padahal layak kamu jadikan bahan makanan. Tanaman ini dikenal sebagai daun kolesam namun sering juga disebut sebagai gingseng Jawa. Tanaman kolesom ini ternyata bisa dijadikan obat bisul dan melancarkan ASI. Bagi anak kamu yang kurang nafsu makan bisa menjadikan tanaman ini sebagai perangsang nafsu makan sikecil. Tanaman kolesom juga bisa dijadikan sebagai perangsang daya seksual serta menjaga kesehatan paru – paru kamu. Bagi yang ingin diet juga disarankan mengkonsumsi tanaman ini dan ampuh untuk melancarkan peredaran darah.

 

 

Advertisements

Leave a Reply