Parents

4 Kata Ajaib Yang Seharusnya Kamu Ucapkan Jika Buah Hati Nakal

Jika segala sesuatu tidak sesuai harapanmu pasti bikin kesal dan marah banget.  Sayangnya sumber kekesalanmu ini bisa saja anakmu sendiri. Tentunya kamu gak boleh asal ngamuk aja karena bagaimana kamu bersikap akan mempengaruhi pribadi anakmu di masa depan. Jika anak terlalu kamu tekan maka ia akan mudah takut dan tak percaya diri namun jika dibiarkan maka kenakalannya bisa saja menjadi – jadi. Pada akhirnya kenakalan sikecil tidak hanya merugikan kamu sendiri namun juga orang lain. Ketika kamu marah atau ingin menasihatinya jangan lupa untuk mengucapkan kata – kata ini.

Maaf”

Ajarkan anak untuk terbiasa mengucapkan kata maaf. Saat anak kamu berbuat salah maka ajarkan untuk meminta maaf atas kesalahnnya. Kata maaf merup akan bentuk penyesalannya atas kesalahan yang ia dilakukannya. Buatlah ia memahami apa kesalahannya dan akibat dari perbuatannya jika ia terus keukeuh melakukannya lagi. Memberikan pemahaman seperti ini akan lebih membentuk sikapnya nanti ketika berada ditengah masyarakat mulai saat ini hingga nanti dimasa depan.

“Tolong”

Kata ajaib selanjutnya ialah meminta pertolongan. Ia terbiasa dibantu orang tuanya tanpa pamrih sehingga terkadang terjadi kesalah pahaman yang dialami sikecil yang beranggapan bahwa setiap orang akan rela melayani kebutuhannya. Ajarkan ia untuk mau mengatakan tolong saat ia membutuhkan sesuatu dari orang lain. Ajarkan ia untuk mengucapkan kata tolong ketika ia membutuhkan bantuan orang lain baik pada yang lebih muda maupun sebaya atau yang lebih tua.

Terima Kasih”

Pentingnya mengucapkan kata terima kasih adalah suatu tanda bagi kamu untuk menghargai pemberian atau bantuan orang lain. Untuk itu anak kamu juga perlu belajar untuk berterima kasih kepada orang lain dimanapun ia berada. Dengan melatihnya untuk mengucapkan terima kasih kepada orang lain juga akan membentuk karakter dalam dirinya untuk selalu rendah hati.

Sayang”

Selanjutnya ketika anakmu melalukan kesalahan memang benar kamu perlu menasehatinya atau bahkan menghukumnya dengan hukuman ringan seperti tidak memberikan kudapan kesenangannya. Selain memberi hukuman untuk ekstropeksi diri kamu juga perlu menyatakan rasa kasih sayangmu dengan mengucapkan kata sayang. Hal ini akan membuat sikecil tidak tertekan di rumahnya sendiri. ia juga akan memahami bahwa kamu tak membencinya walau sudah melakukan kesalahan.

Advertisements

Leave a Reply