Health

Diet Ketat Bisa Menimbulkan Masalah Baru Dalam Hidupmu

Keinginan untuk mendapatkan berat tubuh yang ideal seringkali membuat kamu melakukan berbagai hal yang ekstrim seperti tidak makan sama sekali, hanya makan pisang dan lain sebagainya. Sebelum mulai melakukan hal-hal itu, kamu harus tahu bahwa diet ketat yang kamu lakukan ini belum tentu bisa membuatmu memiliki berat ideal. Bahkan parahnya, diet-diet ketat akan menimbulkan masalah baru dalam hidupmu. Yuk simak apa saja masalah yang bisa muncul karena diet ketat ini:

  1. Kurang Fokus

Mungkin menurutmu, melewatkan sarapan atau makan malam bisa mengurangi berat badan. Namun, kamu harus tahu bahwa pemikiran ini salah karena dengan melewatkan makan malam atau sarapan, kamu akan membuat tubuh kekurangan kalori. Pada akhirnya kebutuhan kalori yang tidak tercukupi akan membuatmu kurang fokus dan konsentrasi.

  1. Mood dan Kecemasan Tidak Terkontrol

Diet ekstrim dengan mengurangi porsi makan berlebihan bisa membuat emosi dan mood mu tidak terkendali. Hal ini karena saat lapar, kamu akan merasa cemas dan gelisah memikirkan berbagai makanan yang ingin kamu makan. Emosi dan bad mood akan menghantuimu saat rasa lapar menyerang.

  1. Nafsu Makan Meningkat Drastis

Diet ekstrim seringkali membuatmu meninggalkan kegiatan sarapan dan makan malam. Bahkan ada juga yang melewatkan makan siang dan sebagai gantinya mereka hanya makan salad atau buah. Faktanya, kamu harus tahu bahwa kebiasaan melewatkan makan akan membuat nafsu makanmu tidak terbendung. Jadi misalkan kamu tidak sarapan dan makan malam, maka porsi makan siangmu bisa saja berlebihan tanpa kamu sadari.  Pada akhirnya berat badan akan meningkat, bukannya menurun.

  1. Kecantikan Memudar

Diet ekstrim hingga mengurangi porsi makan secara berlebihan bisa membuat kecantikanmu memudar. Hal ini bisa terjadi karena tubuh kehilangan nutrisi yang dibutuhkan. Bagian tubuh yang akan terlihat cukup jelas kepudarannya adalah kulit dan rambut. Misalnya rambut jadi mudah patah, rontok dan tidak berkilau. Kulit tubuh menjadi kusam, tidak elastic dan kering. Kamu tentu tidak ingin kehilangan kecantikan alami hanya demi menurunkan berat badan dengan diet ekstrim kan?

Advertisements

Leave a Reply