Travel

Liburan Murah Ke Raja Ampat? Ini Rahasia Yang Harus Kamu Tau!

Raja Ampat merupakan daerah kepulauan di timur Indonesia yang memiliki eksotitas tak terkalahkan. Wilayah ini terdiri dari pulau-pulau kecil yang memiliki keindahan luar biasa. Airnya yang biru jernih, pasir putih halus, terumbu karang yang cantik, gugusan bebatuan besar, kekayaan alam bawah laut, serta kebudayaan masyarakat yang masih kental membuat banyak wisatawan baik local maupun asing berkunjung kesana. Sayangnya biaya yang mahal membuat banyak orang masih menyimpan mimpi untuk bisa mengunjungi tempat satu ini. Padahal ada banyak rahasia yang seharusnya kamu pahami untuk bisa berlibur murah ke Raja Ampat.

  1. Ikut Kegiatan Sosial

Saat ini kegiatan-kegiatan social di beberapa daerah di Indonesia sedang marak diadakan oleh berbagai lembaga social. Kebanyakan dari mereka juga mengincar daerah kegiatan dengan potensi wisata dan keindahan alam. Hanya saja, tak semua kegiatan seperti ini membebaskan kamu dari biaya. Ada yang membebaskan 100%, ada pula yang membayar biaya sebesar 50%. Hal ini tentu  akan mengurangi biaya wisata dibanding harus membayar penuh.

  1. Memiliki Teman Disana

Setiap masuk Raja Ampat, setiap wisatawan local harus membayar biaya konservasi sebesar Rp 500 dan Rp 1 juta untuk wisatawan asing. Memiliki teman disana akan membantu kamu terhindar dari biaya tersebut. Selain itu kamu juga bisa menghemat biaya penginapan.

  1. Lakukan Perjalanan Bersama Teman

Ketika tiba di Kabupaten raja ampat, kamu hanya akan menemukan satu kota kecil bernama Waisai. Sedangkan untuk menuju pulau-pulau, kamu harus menyewa kapal dengan harga yang tak murah. Jika kamu berwisata bersama-sama, biasa sewa kapal bisa dibayar secara patungan sehingga menekan biaya.

  1. Pastikan Menyewa Kapal Dan Membeli BBM Secara Terpisah

Sewa kapal di Raja Ampat harganya bervariasi, tergantung ukuran kapal dan seberapa pintar kamu menawar. Lebih hemat lagi jika kamu membeli BBM secara terpisah. Cara ini mampu menghemat pengeluaran hingga 40%, jika dibandingkan menyewa kapal plus BBM. Jika BBM sisa, kamu bisa menggunakan untuk perjalanan esoknya.

  1. Buat Rencana Perjalanan Selama 2-3 Hari

Beberapa hal yang membuat Raja Ampat menjadi destinasi wisata yang mahal adalah letaknya yang jauh dari Ibukota, serta lokasinya yang hanya bisa ditempuh dengan kapal. Kunjungi tempat wisata yang benar-benar menjadi keinginanmu selama 2-3 hari saja. Jika dalam sehari kamu mengeluarkan Rp 300 ribu untuk berlayar menggunakan kapal, maka tiga hari biaya yang harus dikeluarkan sebanyak Rp 1 juta.

Leave a Reply