Life Style

Negara – Negara Yang Melegalkan Operasi Ganti Kelamin Bikin Gempar Sejagad

Akhir – akhir ini banyak banget pemberitaan terkait transgender. Kira – kira kamu tahu gak sih apa itu transgender? Istilah ini sendiri dipakai untuk mereka yang berpenampilan berlawanan dengan jenis kelaminnya. Sebagai contoh wanita yang berpenampilan seperti laki – laki begitupun sebaliknya.  Transgender ini sering disalah artikan dengan transeksual padahal beda banget lo. Jika transgender tersebut sudah menjalani operasi pergantian kelamin maka barulah ia disebut dengan transeksual. Beberapa negara ini bahkan mendukung operasi pergantian kelamin.

Vietnam

Sejak diawal tahun 2017 vietnam telah melegalkan operasi pergantian kelamin yang didukung 282 suara dari total 366 suara di parlemen. Demi kepentingan internasional aturan inipun akhirnya disahkan undang – undang pemerintah Vietnam. Kalangan gay, lesbian, transgender kini memiliki hak yang sama dengan warga lainnya. Hal ini memungkin warga Vietnam tak perlu lagi bepergian ke luar negeri untuk operasi ganti kelamin.

India

India mengakui jenis kelamin ketiga setelain laki – laki dan perempuan yakni hijra. Jumlah orang yang beridentitaskan hijra cukup banyak di negara tersebut. Mereka bahkan diberikan hak – hak untuk memilih presiden dan menyediakan kartu identitas seperti KTP dengan gender hijra ini. Biarpun begitu pengakuan ini juga tak bisa didapat dengan mudah sebab  keberadaan mereka baru diakui 2009 lalu dimata hukum India.

Selandia Baru

Dari negara maju juga banyak yang telah mengakui keberadaan mereka bahkan hingga mengsahkan pernikahan sesame jenis. Salah satunya ialah Selandia Baru sejak 2012 lalu telah mengenalkan jenis kelamin “ X’ untuk paspor . Tanda “X” pada kolom jenis kelamin sendiri diartikan belum ditentukan atau diidentifikasi.  Melakukan operasi plastic di negara ini sah – sah saja dilakukan.

Jerman

Jerman juga memberi kebebasan untuk memilih gender yang mereka ingin bagi mereka yang memiliki kelamin ganda. Jumlah bayi berkelamin ganda memang tidak banyak namun hanya Jerman satu – satunya negara yang memberikan pilihan untuk tidak memberikan gender pada akte kelahiran. Mereka boleh memilih jenis kelamin apa yang diinginkan ketika mereka sudah dewasa.

Selain negara diatas ada pula Nepal, Denmark hingga Malta yang menjunjung tinggi persamaan hak transgender maupun transeksual.

Leave a Reply